Binkam  

Banjir Rendam 60 Rumah di Buwun Mas Sekotong, Polisi Bantu Warga Bersihkan Sampah Menyumbat Saluran Air

Perisainews.com – Hujan deras di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat menyebabkan banjir di Dusun Bengkang Desa Buwun Mas Sekotong, Sabtu (7/3).

Banjir ini akibat hujan yang mengguyur perbukitan Desa Buwun mas, sehingga meningkatnya debit air sungai  di dusun bengkang dan menggenangi 60 rumah warga.

Banner Iklan Aruna

Kapolsek Sekotong Iptu I Kadek Sumerta, S.H mengatakan bahwa berdasarkan informasi dari Bhabinkamtibmas setempat, air sungai  di jembatan dusun bengkang meluap dan menggenangi beberapa rumah warga.

“Banjir ini diduga akibat kelebihan debet air yang turun dari atas perbukitan, sehingga menyebabkan meluapnya air sungai  di jembatan dusun bengkang dan menggenangi beberapa rumah warga,” ungkapnya.

Mengingat lokasi rumah warga berada dibawah kaki bukit, air meluap ke rumah warga sehingga beberapa rumah warga tergenang air.

“Dari pantauan dilapangan, beberapa rumah warga temboknya roboh karena arus air yang cukup deras,” imbuhnya.

Hal ini juga disebabkan karena tersumbatnya saluran atau got pembuangan air,  sehingga air meluap keatas dan jembatan dusun bengkang juga mengalami retak ringan.

Untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polsek Sekotong mengerahkan anggotanya untuk mengecek di lokasi dan membantu warga.

“Upaya yang dilakukan anggota yaitu bersama masyarakat membersihkan saluran saluran air yang tersumbat akibat sampah sampah dahan dan ranting yang terseret air,” tandasnya.

Setelah dilakukan upaya pembersihan saluran air, dampaknya volume air yang menggenangi rumah warga mulai menyusut.

“Walaupun sampah yang menyumbat sebagian besar sampah ranting dan dahan kiriman dari bukit, kami menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah  sembarangan.

Untuk selanjutnya, Kapolsek Sekotong mengatakan bahwa perkembangan banjir di Dusun Bengkang Desa Buwun Mas Sekotong akan selalu diipantau oleh jajarannya.

“Perlu diwaspadai banjir susulan,  karna hujan  yang cukup tinggi sehingga tetap akan kami pantau, termasuk antisipasi agar situasi ini tidak dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku tindak kejahatan,” imbuhnya.

Adapaun upaya pencegahan yang dilakukan yaitu bhabinkamtibmas akan selalu memantau dan memonitor perkembangan banjir ini, serta melakukan kegiatan patroli untuk memonitor debit air di Wilayah Hukum Polsek sekotong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.