Banjir Bandang Di Dusun Kambeng Lembar, Dua Rumah Rusak dan Satu Hanyut

Perisainews.com – Banjir bandang menerjang Dusun Kambeng, Desa Sekotong Timur, Kecamatan Lembar mengakibatkan kerugian materi terhadap warga yang terdampak.

Akibat Hujan deras di Wilayah Kecamatan Lembar, sehingga banjir Bandang ini mengakibatkan dua rumah Rusak dan satu rumah hanyut terbawa air, Sabtu (4/4).

Kepala Desa Sekotong Timur H. Ahmad mengatakan bahwa Banjir bandang yang terjadi di Dusun Kambeng Desa Sekotong Timur merupakan kiriman dari Desa Mareje.

“Secara letak geografisnya, Dusun Kambeng lebih rendah dari Desa Mareje,” ungkapnya

Banner Iklan Aruna

Sehingga setiap terjadi hujan lebat, maka yang langsung berdampak terhadap dusun – dusun yang berada di bawah desa mareje.

Kapolsek Lembar Ipda Boy Ari Purnomo mengatakan rumah warga yang terdampak Banjir bandang tersebut sekitar Dua Puluh rumah tergenang Banjir.

“Banjir dengan ketinggian air kurang lebih 30 cm ini, yang dua rumah Rusak dan satu rumah hanyut dan belum dapat dipastikan mengenai jumlah kerugian materinya,” ungkapnya.

Menurutnya, dari hasil pemantauan dan pendataan di Lokasi, akibat banjir bandang tersebut tidak ada korban luka-luka maupun korban jiwa.

“Warga yang terdampak sudah megungsi sementara pada kerabat maupun tetangga,” katanya.

Atas peristiwa tersebut, Pihak Kepolisian langsung Mendatangi Lokasi, selanjutnya dilakukan pendataan oleh bhabinkamtibmas Desa sekotong timur.

“Selain melakukan pendataan, Polsek Lembar juga menghubungi pihak terkait, diantaranya  menghubungi BPBD,  dan Dinas Sosial Lobar,” ujarnya

Pada kesempatan itu, dilakukan himbauan kepada warga agar menjauhi lokasi yang di mungkinkan terjadinya longsor.

Tim Tagana (Dinas sosial kab. lobar) dan BPBD Lobar tiba di lokasi dusun kambeng dan memberikan bantuan kepada warga.

“Dalam penyalurannya, Polsek Lembar melakukan pengamanan pembagian bantuan dari dinas sosial dan BPBD Lombok barat,” tandasnya.

Adapun bantuan yang diserahkan kepada warga oleh Tim Tagana berupa Makanan anak 20 paket, Mi instan 6 dus, Paket lauk pauk 20 paket

Sedangkan tim BPBD memberikan bantuan berupa Selimut BNPB 12 Lembar, Tikar blan Ket 6 Lembar, Terpal 4×6 6 Lembar,  serta Beras 5 kg 6 kantong

“Untuk debet air sudah mulai menurun, pihak Kepolisian masih disiagakan di lokasi,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.