Atasi Masalah Sampah, Babinsa Selat Tinjau Pembangunan TPS

  • Bagikan

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Kepala Dusun (Kadus) Merce cek proses proyek pembangunan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) modern dan ramah lingkungan program Pemerintah Desa (Pemdes) Selat yang di danai dari Dana Desa (DD), proyek tersbut di kerjakan di Dusun Merce Barat, Desa Selat, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Kamis (16/3/2023).

Babinsa Selat Serda Saeful Bahri, menjelasklan dalam laporannya, “Proyek tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir dan meningkatkan pengolahan sampah menjadi bahan yang dapat dimanfaatkan kembali,” jelasnya.

“tempat pengolahan sampah baru ini akan menggunakan teknologi terkini untuk memproses sampah organik dan non-organik secara terpisah. Sampah organik akan diubah menjadi kompos dan pupuk organik, sedangkan sampah non-organik akan diolah menjadi bahan bakar alternatif seperti briket dan biofuel,” tambahnya.

“Selain itu, proyek ini juga akan dilengkapi dengan sistem pengumpulan dan pemilahan sampah yang terintegrasi dengan baik. Hal ini akan memudahkan masyarakat untuk membuang sampah sesuai dengan kategorinya dan mengurangi risiko pencemaran lingkungan,” harapnya.

Kadus Merce Hirman Yuswandi mengungkapkan, “Dalam proyek ini, Pemdes sama dengan perusahaan swasta yang memiliki pengalaman dalam pengelolaan sampah. Proyek ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, serta menciptakan lapangan kerja baru di sektor pengelolaan sampah,” katanya.

“Pembangunan tempat pengolahan sampah ini telah dimulai mulai kemarin, dan diharapkan selesai dalam waktu satu tahun. Pemdes Selat berharap dengan adanya proyek ini, tingkat pengolahan sampah dapat meningkat dan kualitas lingkungan sekitar dapat ditingkatkan,” pungkasnya.

Banner Iklan NTB
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *