Antisipasi Virus Corona, Setiap Penumpang Kapal Pesiar Diperiksa

Perisainews.com – Satu Persatu penumpang kapal Pesiar MS Vasco Da Gama diperiksa oleh Tim Satker Karantina Kesehatan Pelabuhan Mataram (KKP), Kamis (20/02).

Pemeriksaan penumpang dan Crew ini untuk antisipasi dan wsapada terhadap Virus COVID-19 masuk ke wilayah NTB.

Banner Iklan Aruna

Kapal MS Vasco Da Gama bersandar di Terminal Gilimas Desa. Labuan Tereng Kec. Lembar Kab. Lombok Barat Provinsi NTB.

Kasubbag Humas Polres Lombok Barat Iptu Ketut Sandiarsa, SH. mengatakan bahwa kegiatan bersandarnya Kapal Pesiar ini mendapat pengamanan dari Polres Lombok Barat.

“Dari informasi dari pihak terkait bahwa jika ada tamu yg terindikasi terjangkit Virus Corona, maka tim Karantina Kesehatan Pelabuhan mengambil tindakan akan melarang tamu yg terjangkit COVID-19 untuk turun dari atas kapal,” jelasnya.

Bila terindikasi terjangkit selanjutnya akan dilakukan karantina  di ruangan isolasi  yg ada di kapal.

“Dari data yang diperoleh, MS Vasco Da Gama berbendera Bahamas, jenis kapal Passanger ship dengan jumlah penumpang 947 orang dan Crew 552 orang dari Pelabuhan asal Benoa-Bali,” imbuhnya.

Secara rinci, Kasubbag Humas mengatakan bahwa kedatangan MS Vasco Da Gama  ke Pulau Lombok mendapatkan pemeriksaan dari petugas, Beacukai Mataram, Imigrasi Mataram, Syahbandar Lembar dan Karantia Kesehatan Pelabuhan Mataram.

Kasubbag Humas juga mengatakan bahwa kegiatan pengamanan kedatangan Kapal Pesiar ini di Pimpin Langsung oleh Kapolsek Kawasan Pelabuhan lembar Iptu Made Dharma Yulia Putra S.T.K, S.I.K serta didampingi oleh Kapolsek Lembar Ipda Boy Ari Purnomo SH, dan personel Polsek Kawasan pelabuhan Lembar dan Polsek Lembar.

“Pengunjung dari Kapal Pesiar MS Vasco Da Gama melakukan kunjungan dengan tujuan rute wisata Sekotong, Kuta Lombok Tengah, Mataram Highlight, Senggigi, Kerajinan Tenun Sukarare, Kerajinan Gerabah Banyu Mulek, Taman Darmada, Sesele, Kuta Lombok,  Museum Mataram,” jelasnya.

Khusus pengamanan Perairan Laut Lembar dilakukan oleh KPLP Lembar, Dit Pol Airud Polda NTB, TNI AL Lanal Mataram dan Basarnas Mataram

Sedangkan pengamanan Khusus Darat Ring 1, 2 dan 3  dari personil  Polsek KP 3 Pelabuhan Lembar, TNI AL Lanal Mataram, KPLP Lembar, Koramil Gerung 04/Dim 1604.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.