Scroll untuk baca artikel
EkbisNasional

LPS: Jaga Stabilitas Keuangan, Generasi Muda Kunci

×

LPS: Jaga Stabilitas Keuangan, Generasi Muda Kunci

Sebarkan artikel ini
LPS: Jaga Stabilitas Keuangan, Generasi Muda Kunci

Solo, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa, menegaskan peran krusial LPS dalam menjaga stabilitas sistem perbankan, terutama di tengah dinamika ekonomi yang terus berubah. Hal ini disampaikannya dalam kuliah umum bertajuk “Dinamika Ekonomi dan Stabilitas Sistem Keuangan serta Peran Lembaga Penjamin Simpanan” di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, pada 12 September 2024.

Pentingnya Pemahaman Peran LPS bagi Generasi Muda

Purbaya menekankan pentingnya pemahaman mendalam tentang peran LPS, terutama bagi mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. “Dengan pemahaman yang baik bahwa LPS menjamin simpanan kita di bank, saat terjadi gejolak ekonomi maka kita tidak panik dan khawatir sebab kita sudah mengetahui bahwa simpanan kita aman dan terlindungi oleh LPS,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan mahasiswa sebagai masa depan ekonomi bangsa untuk giat belajar, pantang menyerah, meraih cita-cita, dan bijak dalam mengelola keuangan.

Kemitraan Strategis LPS dan UNS

Purbaya menyampaikan apresiasi kepada UNS atas kemitraan yang telah terjalin, terutama dalam pelaksanaan riset dan berbagai kolaborasi. “Kami sangat berharap kerja sama ini akan terus berlanjut dan semakin diperkuat di masa depan, demi menciptakan dampak yang lebih luas bagi dunia akademik, industri, serta masyarakat,” katanya.

UNS Pionir Pembelajaran Penjaminan Simpanan

Rektor UNS, Prof. Dr. Hartono, menyambut baik kolaborasi dengan LPS yang telah berlangsung selama 10 tahun dan menghasilkan berbagai output dan outcomes, termasuk publikasi bersama di jurnal internasional bereputasi.

Baca Juga:  Babinsa Selat Peduli Pertanian, Ajarkan Pengomposan Pupuk Kascing

UNS juga menjadi pionir dengan mengimplementasikan pembelajaran mengenai penjaminan simpanan di enam program studi di empat fakultas dan sekolah pada semester ganjil 2024/2025.

Stabilitas Sistem Keuangan di Tengah Ketidakpastian Ekonomi

Prof. Hartono menyoroti ketidakpastian ekonomi global dan domestik yang dapat mempengaruhi stabilitas sistem keuangan. “Dalam konteks ini, Lembaga Penjamin Simpanan memiliki peran yang sangat krusial dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan dan keuangan kita,” tegasnya.

LPS Fokus pada Peningkatan Kesadaran dan Human Capital

LPS terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama generasi muda, tentang program penjaminan LPS. Selain itu, LPS juga memberikan perhatian besar pada peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui kerja sama dengan berbagai universitas di Indonesia.

Baca Juga:  Tanggung Jawab Sosial, Babinsa Sokong Kerahkan Warga Dalam Pencaian Anak Hilang

Purbaya menjelaskan, “Semakin tinggi skill angkatan kerja di sebuah negara, maka output ekonominya juga semakin besar dan faktor tersebut akan diisi oleh para mahasiswa yang lulus lalu bekerja. Diharapkan hal tersebut nantinya akan memberikan pengaruh besar pada masa depan suatu bangsa.”

Kuliah umum ini menjadi bukti nyata komitmen LPS dalam memperkuat stabilitas sistem keuangan dan mengedukasi generasi muda tentang peran penting LPS dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan. Kolaborasi strategis dengan UNS diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.