Scroll untuk baca artikel
OlahragaOtomotif

Kontrak Rider MotoGP 2025: Siapa yang Fix, Siapa yang Masih Tanda Tanya?

×

Kontrak Rider MotoGP 2025: Siapa yang Fix, Siapa yang Masih Tanda Tanya?

Sebarkan artikel ini
Kontrak Rider MotoGP 2025

Pebalap mana saja yang sudah dipastikan tampil di musim MotoGP 2025? Mari kita lihat daftarnya terlebih dahulu. Brad Binder telah mengamankan posisinya bersama KTM hingga 2026 setelah teken kontrak baru pada akhir musim 2023. Francesco Bagnaia selaku juara dunia bertahan resmi memperpanjang masa bakti bersama Ducati hingga 2026. Pabrikan asal Italia itu juga telah merekrut bintang Moto2™ Fermin Aldeguer.

Di kubu Yamaha, sang juara dunia 2021 Fabio Quartararo memilih bertahan bersama pabrikan Iwata tersebut selama dua tahun ke depan. Sementara itu, Honda memiliki Luca Marini dan Johann Zarco yang kontraknya berlaku hingga akhir musim 2025.

Rumor dan Perebutan Kursi

Ducati menjadi tim paling menarik perhatian saat ini. Banyak pebalap yang kontraknya habis pada musim ini, dan beberapa di antaranya saling bersaing ketat untuk mendapatkan kursi pabrikan yang didambakan. Perebutan kursi rekan setim Bagnaia di tim pabrikan Ducati musim 2025 menjadi yang terpanas. Enea Bastianini, pebalap Ducati saat ini, akan menghadapi rivalitas lama dengan Jorge Martin (Prima Pramac Racing) untuk memperebutkan kursi tersebut. Martin sendiri sudah beberapa kali secara terbuka menyatakan keinginannya untuk mendapatkan kursi pabrikan, namun belum jelas apakah ia akan mendapatkan motor Desmosedici atau pindah ke tim lain.

Baca Juga:  Penambahan Mobil Radical di Sirkuit Mandalika Meningkatkan Pengalaman Balap dan Ekonomi Mandalika

Marc Marquez, juara dunia delapan kali, turut meramaikan bursa transfer pebalap. Pebalap bernomor #93 tersebut saat ini menjalani kontrak satu tahun bersama Gresini Racing. Keputusan tim mana yang akan dipilihnya masih belum jelas, terlebih karena ia masih dalam tahap adaptasi dengan motor GP23.

Masa depan pebalap seperti Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio tampaknya akan ditentukan oleh masa depan tim VR46. Sementara itu, belum ada tanda-tanda jelas mengenai tim yang akan dibela Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) dan Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP™) pada musim depan.

Titik Buta Kontrak

Di kubu Aprilia, pertanyaan besar yang masih menggantung adalah apakah Aleix Espargaro akan memutuskan gantung helm di akhir musim. Pebalap berusia 34 tahun ini memang merupakan yang tertua di grid, namun penampilannya masih bisa diandalkan. Espargaro sendiri sebelumnya mengatakan bahwa keputusan tersebut ada di tangannya.

Baca Juga:  Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Rekan setim Espargaro, Maverick Viñales, tentunya berambisi untuk mengamankan kontrak di musim MotoGP 2025. Performa impresifnya di GP Americas lalu tentu bisa menjadi modal kuat untuk negosiasi kontraknya.

Di tim Trackhouse Racing, masa depan Miguel Oliveira dan Raul Fernandez masih belum jelas. Keduanya saat ini tengah membantu tim asal Amerika Serikat tersebut beradaptasi di kelas MotoGP™.

Perebutan Kursi Pabrikan KTM

Kursi pabrikan KTM untuk mendampingi Brad Binder di musim 2025 masih terbuka. Saat ini, persaingannya tampaknya mengerucut pada Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) dan Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3).

Masa depan Augusto Fernandez di tim GASGAS Tech3 juga belum menemui titik terang.

Baca Juga:  PSSI Genjot Kualitas Wasit Lewat "Refer System", Ratu Tisha Turun Tangan!

Yamaha Tanpa Tim Satelit?

Di kubu Yamaha, Alex Rins yang baru bergabung dari Honda musim ini menjalani kontrak satu tahun bersama tim pabrikan.

Pabrikan Iwata tersebut diketahui belum memiliki tim satelit sejak 2022, dan mereka tengah mencari partner baru untuk menambah dua motor YZR-M1 ke grid. VR46 dan Pramac Racing disebut-sebut sebagai kandidat kuat.