Scroll untuk baca artikel
Berita

MAN 1 Kuripan Berkomitmen Cegah Kenakalan Remaja dengan Safety Riding dan Edukasi Narkoba

×

MAN 1 Kuripan Berkomitmen Cegah Kenakalan Remaja dengan Safety Riding dan Edukasi Narkoba

Sebarkan artikel ini
Polsek Kuripan Gelar Safety Riding dan Edukasi bagi Siswa SMAN 1 Kuripan
Kuripan, Lombok Barat – Polsek Kuripan, Polres Lombok Barat, Polda NTB, bekerja sama dengan Astra Motor Gerung, menggelar kegiatan Safety Riding dan Edukasi bagi siswa SMAN 1 Kuripan, Rabu (8/5/2024), pukul 09.00 WITA. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan siswa dalam berlalu lintas, serta mencegah kenakalan remaja.

Kapolsek Kuripan, IPTU Fahrizal Eko Suryanto, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya keselamatan dalam berkendara. Ia menekankan bahwa kelengkapan berkendara seperti helm dan kendaraan yang sesuai dengan peraturan lalu lintas harus selalu mematuhinya.

“Kami dari kepolisian Polsek Kuripan mengedukasi tentang kelengkapan bersepeda motor, dengan memakai Helm dan kendaraan yang lengkap. Mengacu terhadap Undang-Undang No 22 tahun 2009, tentang peraturan Berlalulintas,” ujar IPTU Fahrizal.

Kenakalan Remaja Menjadi Sorotan

Ia juga mengingatkan para siswa tentang bahaya narkoba dan kenakalan remaja. “Narkoba menjadi atensi dari pemerintah yang mana penyebaran Narkoba di awali dari mencoba serta pergaulan kita yang bisa menggiring kita ke hal – hal yang bisa merugikan kita semua,” jelasnya.

Kanit Binmas Polsek Kuripan, IPDA Imran, menambahkan bahwa pihaknya tidak ingin melihat siswa SMAN 1 Kuripan terlibat dalam kenakalan remaja seperti bolos sekolah dan menggunakan narkoba.

“Apapun kelengkapan sepeda motor tersebut jangan sampe mengurangi kelengkapannya, saya selaku Kanit Binmas polsek kuripan tidak mau melihat para siswa yang dari SMAN 1 KURIPAN ini yang menggambarkan kenalpot Brong serta balapan di jalan Raya,” tegas IPDA Imran.

Baca Juga:  Enam RTLH Praja Raksaka Peduli Rakyat Program Kodam IX/Udayana Wilayah Kodim 1606 Mataram Capai 98%

Setelah sambutan dari para pejabat kepolisian, acara berlanjut dengan sesi tanya jawab oleh siswa SMAN 1 Kuripan. Pertanyaan yang oleh siswa ajukan terkait dengan Undang-Undang No 22 tahun 2009, penegakan hukum kepolisian, dan apakah merokok termasuk narkoba.

Bekerjasama dengan Tim Astra Motor

Kegiatan Safety Riding kemudian berlanjut dengan materi oleh Tim Astra Motor Gerung. Tim Astra Motor Gerung memberikan pelatihan tata cara berkendara yang baik dan benar kepada para siswa.

Pelatihan ini meliputi teknik pengereman, teknik menikung, dan teknik berbelok. Juga mengajarkan Para siswa tentang cara berkendara dengan berboncengan yang aman.

Pada akhir acara, melakukan praktik di lapangan basket SMAN 1 Kuripan. Para siswa terlihat antusias mengikuti praktik ini dan menunjukkan kemampuannya dalam berkendara dengan aman.

Baca Juga:  Melalui Program Polres Lotim Peduli Sat Binmas Polres Lombok Timur Bagi Sembako Kepada Warga Yang Membutuhkan

Kegiatan Safety Riding dan Edukasi ini harapannya dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan siswa SMAN 1 Kuripan dalam berlalu lintas, serta mencegah kenakalan remaja.