Scroll untuk baca artikel
BeritaPeristiwa

ABK Meninggal Dunia di Atas Kapal, Satpolairud Polresta Pati Lakukan Evakuasi

×

ABK Meninggal Dunia di Atas Kapal, Satpolairud Polresta Pati Lakukan Evakuasi

Sebarkan artikel ini
ABK Meninggal Dunia di Atas Kapal, Satpolairud Polresta Pati Lakukan Evakuasi

Pati, Jawa Tengah – Seorang Anak Buah Kapal (ABK) KM Jala Mina Hidayah ditemukan meninggal dunia di atas kapal pada hari Kamis (21/03/2024). Korban yang merupakan warga Purworejo, Jawa Tengah, ini menduganya mengalami sakit sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

Kasat Polairud Polresta Pati Kompol Hendrik Irawan menjelaskan kronologis kejadian berdasarkan keterangan saksi. Korban merasakan nyeri di ulu hati dan sesak nafas menyertainya saat kapal sedang dalam pelayaran kembali ke Pelabuhan Perikanan Juwana.

“Meskipun nahkoda berusaha membawa kapal menuju pelabuhan terdekat. Kondisi korban semakin memburuk dan akhirnya meninggal dunia dalam perjalanan,” ungkap Kompol Hendrik.

Setelah menerima laporan, Satpolairud Polresta Pati segera melakukan evakuasi jenazah pada hari Rabu (27/03/2024) sekitar pukul 04.00 WIB. “Kami melakukan evakuasi jenazah, sekitar pukul 04.00 WIB berhasil mengevakuasinya,” ujarnya.

Baca Juga:  Kodim 1606/Mataram Gelar Garjas Periodik I Tahun 2023

Satpolairud Polresta Pati menevakuasi jenazah dengan menggunakan rubber boat Satpolairud dan membawanya ke muara Juwana.

“Tim Medis Puskesmas Juwana dan Tim Inafis Satreskrim Polresta Pati melakukan pemeriksaan Visum Et Repertum dan identifikasi. Hasilnya, tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada jenazah,” jelas Kompol Hendrik.

Pihak keluarga kemudian menerima jenazah setelah proses pemeriksaan selesai.

Kasus ini menunjukkan pentingnya memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja bagi para ABK. Pihak terkait diharapkan dapat melakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali.