Scroll untuk baca artikel
Berita

Kapolda NTT Perkuat Kerjasama Keamanan dengan Timor Leste

×

Kapolda NTT Perkuat Kerjasama Keamanan dengan Timor Leste

Sebarkan artikel ini
Kapolda NTT Perkuat Kerjasama Keamanan dengan Timor Leste

Atambua, NTT – Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga melakukan kunjungan kehormatan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dili, Timor Leste, pada Selasa (26/3). Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya memperkuat kerjasama keamanan di kawasan perbatasan antara kedua negara.

Kapolda NTT beserta rombongan tiba di Bandara A.A Bere Tallo Atambua, Nusa Tenggara Timur, pada hari Selasa. Kedatangannya mendapat sambutan hangat dari Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, dan Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.I.K., M.H.

Setelahnya, Kapolda NTT dan rombongan melanjutkan perjalanan darat menuju Timor Leste melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain. Di Dili, mereka mendapat sambutan dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik, dan Atase Polri KBRI Dili, Kombes Pol. Don Gaspar Mikel Da Costa, SH., Dipl.Trm.

Baca Juga:  Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Personel Polres Sumbawa Barat Laksanakan Aksi Bersih Lingkungan

“Kunjungan Kapolda NTT kali ini untuk menghadiri perayaan HUT Polícia Nacional de Timor-Leste (PNTL) di Dili, Timor Leste, yang akan berlangsung pada Rabu (27/3),” ungkap Kabidhumas Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K.

Kunjungan ini menunjukkan komitmen kuat Indonesia dan Timor Leste dalam menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan perbatasan. Selain menghadiri perayaan HUT PNTL, Kapolda NTT juga jadwalnya akan bertemu dengan Perdana Menteri Timor Leste, Taur Matan Ruak, dan Menteri Dalam Negeri Timor Leste, Rui Maria de Araujo.

Kerjasama keamanan antara Indonesia dan Timor Leste menjadi hal yang penting mengingat kedua negara memiliki wilayah perbatasan yang panjang. Upaya untuk memperkuat kerjasama ini harapannya dapat meminimalisir potensi terjadinya gangguan keamanan di kawasan perbatasan.

Baca Juga:  Bangun Komunikasi dan Kemitraan, Polsek Batulayar Sambangi Warga Desa Batulayar Barat

Beberapa pejabat yang turut mendampingi Kapolda NTT dalam kunjungan ini antara lain Dirreskrimum, Kabidhumas, dan Koorspripim, serta lima Kapolres perbatasan RI-RDTL, yaitu Kapolres Belu, Kapolres Kupang, Kapolres TTU, Kapolres Alor, dan Kapolres Malaka.

Kunjungan Kapolda NTT ke Timor Leste ini harapannya dapat membawa dampak positif bagi hubungan bilateral kedua negara, khususnya dalam bidang keamanan.