Scroll untuk baca artikel
BeritaNasional

Kakorlantas Dukung Sinergi dan Kolaborasi Demi Mudik Lebaran 2024 yang Aman dan Lancar

×

Kakorlantas Dukung Sinergi dan Kolaborasi Demi Mudik Lebaran 2024 yang Aman dan Lancar

Sebarkan artikel ini
Kakorlantas Dukung Sinergi dan Kolaborasi Demi Mudik Lebaran 2024 yang Aman dan Lancar

Jakarta, Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Aan Suhanan melepas Tim Ekspedisi Elshinta dalam rangka persiapan arus mudik Lebaran 2024. Kakorlantas menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi semua pihak untuk memastikan kelancaran dan keselamatan pemudik.

“Kita sudah mempersiapkan dan memetakan titik-titik kemacetan. Serta merumuskan skema pengaturan lalu lintas di jalan tol sesuai SKB yang ada,” ujar Kakorlantas.

Menghadapi animo mudik yang tinggi, Korlantas Polri bersama stakeholder terkait telah menyiapkan beberapa skema, termasuk di titik krusial jalan tol, arteri Pantura Tengah-Selatan, jalur wisata, dan penyeberangan.

“Para Dirlantas di daerah akan melakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan one way. Terutama di jalur wisata seperti Lembang, Puncak, Jawa Tengah, dan Sumatera Barat,” jelas Kakorlantas.

Baca Juga:  Demi Xpander, Mitsubishi Bakal Mengimpor Kembali Pajero Sport

Kakorlantas menambahkan, moda transportasi laut juga akan menerapkan delaying system dan buffer zone, serta pembatasan operasional kendaraan sumbu tiga selama arus mudik-balik Lebaran 2024.

“Penyeberangan memiliki karakteristik sendiri, sehingga perlu pengaturan keluar masuk kendaraan dan volume yang bisa tertampung di pelabuhan,” tuturnya.

Kakorlantas juga menghimbau masyarakat untuk mempersiapkan fisik dan kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik.

“Patuhi arahan petugas dan aturan lalu lintas agar mudik tahun ini dapat berjalan dengan selamat, lancar, aman, dan nyaman,” imbuhnya.

Hadir dalam acara pelepasan Tim Ekspedisi Elshinta ini, Direktur Lalu Lintas Jalan Ahmad Yani, Pemimpin Redaksi Radio Elshinta Haryo Ristamaji, dan PJU Korlantas Polri.