Scroll untuk baca artikel
GlobalMiliter

RAF Terima Tambahan 2 Unit F-35B, Perkuat Kekuatan Udara Inggris

×

RAF Terima Tambahan 2 Unit F-35B, Perkuat Kekuatan Udara Inggris

Sebarkan artikel ini
RAF Terima Tambahan 2 Unit F-35B
image by wikipedia

London, Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) menerima tambahan dua unit jet tempur siluman F-35B Lightning II. Kedua pesawat buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat ini tiba di pangkalan udara RAF Marham pada 16 Maret 2024, dan baru mengumumkannya secara resmi oleh Kementerian Pertahanan Inggris beberapa hari kemudian.

Dengan kedatangan dua pesawat ini, RAF kini memiliki total 34 unit F-35B dari 47 unit yang memesannya dalam batch pertama. Pengiriman seluruh pesawat batch pertama ini jadwalnya selesai pada tahun 2025.

“Penerimaan dua F-35B Lightning II tambahan ini merupakan tonggak penting bagi RAF,” kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace. “Pesawat-pesawat ini akan memperkuat kemampuan tempur udara kita dan membantu menjaga keamanan negara.”

Baca Juga:  Konflik Pulau Rempang, Kajari Batam: Kami Siap Jembatani Komunikasi Dua Arah

Merupakan jet tempur generasi kelima yang memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal (VTOL). Kemampuan ini memungkinkan F-35B untuk beroperasi dari berbagai lokasi, termasuk kapal induk dan pangkalan udara kecil.

Dengan persenjataan berbagai jenis rudal dan bom, serta melengkapinya dengan sensor canggih yang membuatnya mampu mendeteksi dan menyerang target dengan presisi tinggi.

“F-35B adalah jet tempur paling canggih di dunia,” kata Kepala Staf Udara RAF Marsekal Udara Mike Wigston. “Pesawat ini akan menjadi aset penting bagi RAF dalam melindungi Inggris dari berbagai ancaman.”

Pengiriman F-35B ke RAF merupakan bagian dari program modernisasi Angkatan Bersenjata Inggris. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur Inggris dan memastikan negara ini tetap berada di garis depan teknologi pertahanan.