Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Polling WhatsApp: Cara Praktis Mengambil Keputusan Bersama dalam Grup WhatsApp

×

Polling WhatsApp: Cara Praktis Mengambil Keputusan Bersama dalam Grup WhatsApp

Sebarkan artikel ini
Polling WhatsApp

Perisainews.com – WhatsApp adalah aplikasi perpesanan dan panggilan yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp adalah polling, yang memungkinkan pengguna untuk membuat jajak pendapat di dalam grup atau percakapan pribadi. Polling adalah cara yang mudah dan praktis untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban secara real-time dari kontak Anda. Juga dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan bersama, menghemat waktu, dan meningkatkan interaksi di dalam grup.

Langkah-langkah Membuat Polling di WhatsApp Android

Untuk membuat polling di WhatsApp Android, Anda harus memastikan bahwa aplikasi WhatsApp Anda sudah diperbarui ke versi terbaru, yaitu versi 2.22.23. atau lebih tinggi. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

2. Buka chat grup atau individu yang ingin Anda buat polling. Anda dapat membuat polling di grup dengan jumlah anggota maksimal 256 orang, atau di percakapan pribadi dengan satu orang saja.

3. Ketuk ikon lampirkan yang berbentuk penjepit kertas di sebelah kanan kolom pengetikan chat.

4. Pilih ikon diagram yang bertuliskan “Poll”.

5. Buat polling dengan mengisi kolom “Question” dan “Options”. Di kolom “Question”, Anda dapat menulis pertanyaan yang ingin Anda ajukan, misalnya “Mau makan apa hari ini?” atau “Siapa yang paling cocok jadi ketua grup?”. Di kolom “Options”, Anda dapat menulis beberapa pilihan jawaban yang tersedia, misalnya “Nasi goreng”, “Bakso”, “Soto”, atau “A”, “B”, “C”, “D”. Anda dapat menambahkan atau menghapus pilihan jawaban dengan mengetuk ikon tambah atau kurang di sebelah kanan kolom. Anda juga dapat mengubah urutan pilihan jawaban dengan mengetuk dan menahan ikon empat garis horizontal, lalu menggesernya ke atas atau ke bawah.

Baca Juga:  Menyingkap Rahasia Laptop Anda: Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop

6. Jika sudah selesai, ketuk ikon kirim yang berbentuk panah di sebelah kanan bawah. Polling Anda akan terkirim ke chat grup atau individu yang Anda pilih. Kontak Anda dapat melihat dan memilih jawaban yang mereka inginkan dengan mengetuknya. Anda dapat melihat hasil polling dengan mengetuk tulisan “View Votes” di bawah polling. Anda juga dapat mengetuk nama kontak untuk melihat jawaban yang mereka pilih secara detail.

Tips dan Trik Membuat Polling di WhatsApp Android

Agar polling Anda lebih menarik dan efektif, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan:

1. Gunakan pertanyaan yang jelas, singkat, dan mudah dimengerti. Hindari pertanyaan yang ambigu, berbelit-belit, atau mengandung istilah yang tidak umum.

Baca Juga:  Pasangan Lubang Hitam Supermasif Terdekat Ditemukan di Reruntuhan Tabrakan Galaksi

2. Gunakan pilihan jawaban yang relevan, bervariasi, dan tidak tumpang tindih. Hindari pilihan jawaban yang terlalu banyak, terlalu sedikit, atau sama persis.

3. Gunakan fitur “Allow multiple answers” jika Anda ingin memungkinkan pengguna untuk memilih lebih dari satu jawaban. Fitur ini berguna jika pertanyaan Anda bersifat jamak, misalnya “Apa saja hobi Anda?” atau “Apa saja film favorit Anda?”.

4. Gunakan fitur “Duration” jika Anda ingin mengatur batas waktu polling. Fitur ini berguna jika Anda ingin membuat polling yang bersifat sementara, misalnya “Siapa yang mau ikut nonton bioskop besok?” atau “Siapa yang setuju dengan usulan ini?”.