Scroll untuk baca artikel
Gaya HidupPengembangan Diri

Kebiasaan Introvert Sukses yang Terus Melangkah Maju dalam Hidup

×

Kebiasaan Introvert Sukses yang Terus Melangkah Maju dalam Hidup

Sebarkan artikel ini
Introvert
Image by jcomp on Freepik

Perisainews.com – Introvert sering dianggap sebagai orang yang pendiam dan pemalu. Padahal, banyak introvert yang sukses banget loh. Mau tau rahasianya? Ini dia beberapa kebiasaan yang bikin introvert sukses:

1. Suka Nge-time Out Sendiri

Introvert butuh waktu buat sendiri-sendiri setelah ngobrol sama orang lain. Waktu ini buat mereka nge-charge dan ngisi ulang energi. Introvert sukses manfaatin waktu ini buat mikir-mikir apa yang udah mereka dapet dan gimana mereka bisa pake itu buat hidup mereka.

Contoh: Bill Gates, salah satu orang terkaya di dunia, itu introvert yang hobi baca buku. Dia sering ngabisin waktu buat baca buku tentang macem-macem, dari bisnis, teknologi, sampe sejarah. Juga punya kebiasaan setahun sekali yang namanya “think week”, di mana dia ngilang di sebuah pondok dan baca ratusan dokumen yang dikirim sama karyawan Microsoft. Dia bilang kebiasaan ini bikin dia dapet ide-ide baru dan nge-solve masalah.

Baca Juga:  Cegah Stunting, Aruna Senggigi Resorts & Convention Gelar Pemeriksaan Status Gizi Balita

2. Jago Dengerin dan Perhatiin Orang

Introvert itu pendengar yang baik. Mereka dengerin dan perhatiin apa yang orang lain omongin. Hal ini bikin mereka bisa bikin hubungan yang kuat dan dapet kepercayaan dari orang lain.

Contoh: Oprah Winfrey, salah satu pembawa acara TV paling terkenal di dunia, itu introvert yang jago dengerin orang. Dia bisa bikin tamu-tamunya nyaman dan mau cerita-cerita pribadi mereka. Dia juga bisa nangkep emosi dan pesan yang mau disampaikan sama tamu-tamunya. Hal ini bikin acaranya jadi populer dan berpengaruh.

3. Penasaran dan Suka Belajar Hal Baru

Introvert itu penasaran dan suka belajar hal baru. Mereka sering ngabisin waktu buat baca, nonton video edukasi, atau ikut kursus online. Hal ini bikin mereka bisa ngembangin ilmu dan skill mereka.

Baca Juga:  Intip Paket Internet Menarik dari Tri, Banyak yang Menarik!

Contoh: Albert Einstein, salah satu ilmuwan paling terkenal di dunia, itu introvert yang penasaran banget. Dia sering nanya-nanya yang nantang asumsi-asumsi yang ada dan nyari jawaban-jawaban yang logis dan kreatif. Dia juga sering ngelakuin eksperimen-eksperimen mental yang bikin dia nemuin teori-teori revolusioner kayak relativitas.

4. Fokus dan Rajin Kerja

Introvert itu fokus dan rajin kerja. Mereka bisa kerja di satu tugas dalam waktu yang lama. Hal ini bikin mereka bisa selesaiin kerjaan mereka dengan baik dan tepat waktu.

Contoh: J.K. Rowling, salah satu penulis paling terkenal di dunia, itu introvert yang fokus nulis. Dia bisa nulis novel-novel panjang yang penuh sama detail dan imajinasi. Dia juga bisa nulis di mana aja, bahkan di kafe yang rame, asal dia punya headphone dan musik yang dia suka.

Baca Juga:  5 Kebiasaan Buruk yang membuat Waktu Akhir Pekan Sia-sia

5. Fleksibel dan Bisa Adaptasi

Introvert itu fleksibel dan bisa adaptasi sama situasi baru dengan gampang. Mereka gak takut sama perubahan dan selalu mau coba hal-hal baru.

Contoh: Barack Obama, mantan presiden Amerika Serikat, itu introvert yang adaptif. Dia bisa ngomong sama berbagai macam orang, dari pemimpin dunia, tokoh agama, sampe anak-anak sekolah. Dia juga bisa sesuain gaya kepemimpinannya sesuai sama tantangan dan peluang yang ada.

6. Percaya Diri dan Gak Sombong

Introvert itu percaya diri sama kemampuan mereka. Mereka gak merasa perlu buat banding-bandingin diri mereka sama orang lain.