Scroll untuk baca artikel
Berita

5 Jurus Ampuh Basmi Iklan Pengganggu di HP Android Tanpa Aplikasi

×

5 Jurus Ampuh Basmi Iklan Pengganggu di HP Android Tanpa Aplikasi

Sebarkan artikel ini
Basmi Iklan Pengganggu
Image by Freepik

Perisainews.com – Iklan di HP Android seringkali mengganggu pengguna, terutama jika iklan tersebut muncul secara tiba-tiba dan tidak dapat ditutup. Iklan ini biasanya berasal dari aplikasi atau game yang Anda instal, atau dari situs web yang Anda kunjungi. Iklan ini tidak hanya mengurangi kenyamanan dan kecepatan Anda dalam menggunakan HP, tetapi juga dapat membahayakan privasi dan keamanan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara menghilangkan iklan di HP Android tanpa aplikasi. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba, dan kami akan menjelaskan lima cara paling mudah dan efektif di bawah ini.

Cara 1: Mengatur Browser

Cara pertama untuk menghilangkan iklan di HP Android tanpa aplikasi adalah dengan mengatur browser yang Anda gunakan, misalnya Google Chrome. Browser adalah aplikasi yang sering digunakan untuk mengakses internet, dan banyak iklan yang muncul di browser berasal dari pop-up atau redirects. Pop-up adalah jendela iklan yang muncul di atas atau di bawah laman yang Anda buka, sedangkan redirects adalah laman iklan yang menggantikan laman yang Anda tuju. Untuk menghilangkan iklan jenis ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Google Chrome di HP Anda.
  • Klik ikon tiga titik vertikal di bagian atas sebelah kanan.
  • Lalu pilih menu Setting.
  • Klik Pop-up and redirects.
  • Aktifkan opsi Pop-ups and redirects sampai muncul tulisan Allowed.

Dengan cara ini, Anda dapat mencegah iklan pop-up dan redirects muncul di browser Anda. Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam mengklik link atau banner iklan di laman web, karena beberapa iklan dapat membawa Anda ke situs-situs berbahaya atau palsu.

Baca Juga:  Sulhan Pelopori Gerakan Pangan Berbasis Ponpes di Pulau Lombok

Cara 2: Memasang Pemblokir Pop-up

Cara kedua untuk menghilangkan iklan di HP Android tanpa aplikasi adalah dengan memasang pemblokir pop-up. Pemblokir pop-up adalah fitur atau ekstensi yang dapat Anda tambahkan ke browser Anda untuk menghalangi iklan pop-up yang muncul. Pemblokir pop-up dapat membantu Anda menghemat data, baterai, dan waktu Anda saat menggunakan internet. Pemblokir pop-up juga dapat melindungi Anda dari iklan-iklan yang mengandung virus, malware, atau spyware. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang pemblokir pop-up:

  • Buka Google Chrome di HP Anda.
  • Klik ikon tiga titik vertikal di bagian atas sebelah kanan.
  • Lalu pilih menu More tools dan klik Extensions.
  • Cari dan pilih pemblokir pop-up yang Anda inginkan, misalnya AdBlock, uBlock Origin, atau Pop up blocker for Chrome.
  • Klik Add to Chrome dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Dengan cara ini, Anda dapat menikmati pengalaman browsing yang lebih nyaman dan aman tanpa iklan pop-up yang mengganggu. Namun, Anda juga harus memperhatikan bahwa pemblokir pop-up dapat mempengaruhi kinerja dan tampilan beberapa situs web, sehingga Anda mungkin perlu menonaktifkannya untuk situs-situs tertentu.

Cara 3: Menonaktifkan Pop-up

Cara ketiga untuk menghilangkan iklan di HP Android tanpa aplikasi adalah dengan menonaktifkan pop-up. Pop-up adalah fitur yang memungkinkan aplikasi atau game untuk menampilkan iklan atau notifikasi di layar HP Anda. Pop-up ini dapat mengganggu Anda saat sedang menggunakan HP, terutama jika iklan atau notifikasi tersebut tidak relevan atau penting bagi Anda. Untuk menonaktifkan pop-up, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Settings di HP Anda.
  • Klik Apps atau Applications.
  • Cari dan pilih aplikasi atau game yang sering menampilkan iklan atau notifikasi pop-up.
  • Klik Notifications.
  • Matikan notifikasi dengan menggeser toggle ke kiri.
Baca Juga:  Babinsa Sigerongan Dampingi Dinsos Serahkan Bantuan Korban Kebakaran

Dengan cara ini, Anda dapat menghilangkan iklan atau notifikasi pop-up dari aplikasi atau game yang Anda pilih. Namun, Anda juga harus ingat bahwa dengan menonaktifkan notifikasi, Anda mungkin akan melewatkan informasi atau update penting dari aplikasi atau game tersebut.

Cara 4: Mematikan Koneksi Internet atau WiFi

Cara keempat untuk menghilangkan iklan di HP Android tanpa aplikasi adalah dengan mematikan koneksi internet atau WiFi. Koneksi internet atau WiFi adalah salah satu syarat utama untuk iklan dapat ditampilkan di HP Anda, karena kebanyakan iklan membutuhkan koneksi internet untuk mengirim atau menerima data. Jika Anda mematikan koneksi internet atau WiFi, iklan tidak akan bisa ditampilkan di HP Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mematikan koneksi internet atau WiFi:

  • Buka menu Settings di HP Anda.
  • Klik Network & internet atau Wireless & networks.
  • Klik Data usage atau Mobile data.
  • Matikan data seluler dengan menggeser toggle ke kiri.
  • Kembali ke menu sebelumnya dan klik WiFi.
  • Matikan WiFi dengan menggeser toggle ke kiri.
Baca Juga:  Kesiapan Jaringan Indosat di Pulau Sumbawa Capai 92 Persen

Dengan cara ini, Anda dapat menghilangkan iklan di HP Anda, tetapi Anda juga tidak dapat mengakses internet atau WiFi. Anda dapat mengaktifkan kembali koneksi internet atau WiFi jika Anda ingin menggunakan internet atau WiFi lagi.

Cara 5: Menggunakan Aplikasi atau Game Offline

Cara kelima untuk menghilangkan iklan di HP Android tanpa aplikasi adalah dengan menggunakan aplikasi atau game offline. Aplikasi atau game offline adalah aplikasi atau game yang dapat digunakan tanpa koneksi internet atau WiFi. Aplikasi atau game offline biasanya tidak menampilkan iklan, karena iklan membutuhkan koneksi internet untuk berfungsi. Aplikasi atau game offline juga dapat menghemat data, baterai, dan waktu Anda saat menggunakan HP. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi atau game offline:

  • Buka Google Play Store di HP Anda.
  • Klik menu Browse dan pilih Offline Games atau Offline Apps.
  • Cari dan pilih aplikasi atau game offline yang Anda inginkan, misalnya Subway Surfers, Candy Crush Saga, atau Google Maps.
  • Klik Install dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Buka aplikasi atau game offline yang Anda instal dan nikmati tanpa iklan.

Dengan cara ini, Anda dapat menghilangkan iklan di HP Anda, tetapi Anda juga tidak dapat menggunakan fitur atau fungsi yang membutuhkan koneksi internet. Anda dapat menggunakan aplikasi atau game offline sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan Anda.