Scroll untuk baca artikel
BeritaPeristiwa

Lupa Matikan Tungku, Rumah di Purbalingga Ludes Terbakar, 1 Kambing Mati

×

Lupa Matikan Tungku, Rumah di Purbalingga Ludes Terbakar, 1 Kambing Mati

Sebarkan artikel ini
Rumah di Purbalingga Ludes Terbakar

Perisainews.com – Sebuah rumah di Dusun Sadawangi, Desa Bumisari RT 9 RW 5 Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, terbakar hebat pada Minggu (3/3/2024) pagi. Rumah tersebut milik Mujianto Al Kamsi (60), seorang warga setempat. Dugaan sementara, kebakaran akibat oleh tungku yang masih menyala saat pemilik rumah pergi meninggalkannya.

Menurut keterangan Kapolsek Bojongsari AKP Kusmono, kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun menghanguskan dapur dan kandang ternak kambing beserta isinya.

“Korban mengalami kerugian sekitar Rp. 40 juta,” kata Kusmono.

Salah satu saksi mata, Eko Nurdiyanto (31), anak dari korban, mengatakan bahwa ia melihat asap keluar dari dapur rumah orang tuanya sekitar jam 08.00 WIB.

Baca Juga:  Siap-siap! PDIP Akan Evaluasi Kinerja Pj Gubernur NTB Tiap 3 Bulan

Ia kemudian mendekat dan menemukan bahwa dapur sudah terbakar. Ia pun berteriak minta bantuan kepada warga sekitar.

“Warga datang membantu memadamkan api dengan alat seadanya, seperti ember, selang, dan sapu. Setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran tiba, api bisa memadamkannya sekitar jam 08.40 WIB,” cerita Eko.

Dari pengakuan Mujianto, ia mengaku lupa mematikan tungku yang ia gunakan untuk memasak air sebelum ia pergi ke Desa Pekalongan, Kecamatan Bojongsari, untuk mengambil gula.

Jarak antara rumahnya dengan Desa Pekalongan sekitar tiga kilometer. Ketika ia kembali, ia kaget melihat dapur rumahnya sudah terbakar.

“Saya lupa mematikan tungku. Api dari tungku kemungkinan membesar dan menyambar bahan-bahan yang mudah terbakar di dapur, seperti kayu, minyak, dan kertas. Api juga merembet ke kandang kambing yang berada di belakang dapur. Satu ekor kambing saya ikut terbakar,” ungkap Mujianto.

Baca Juga:  Mendekatkan Diri dengan Masyarakat, Babinsa Merembu Ikuti Safari Ramadan

Kapolsek Bojongsari mengimbau kepada warga agar lebih berhati-hati dalam menggunakan tungku atau alat pemanas lainnya.

“Jangan sampai lupa mematikan atau meninggalkannya dalam keadaan menyala. Ini bisa berbahaya dan menimbulkan kebakaran,” pesan Kusmono.