Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Linktree: Senjata Rahasia Influencer dan Content Creator untuk Meningkatkan Engagement

×

Linktree: Senjata Rahasia Influencer dan Content Creator untuk Meningkatkan Engagement

Sebarkan artikel ini
Linktree
Image by linktr.ee

Perisainews.com – Linktree adalah sebuah layanan online yang memungkinkan Anda untuk membuat sebuah landing page yang berisi banyak link yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan Linktree untuk mempromosikan berbagai platform media sosial, website, blog, produk, atau layanan Anda dengan mudah. Linktree juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan traffic, engagement, dan konversi dari followers Anda.

Sebuah layanan yang diluncurkan pada tahun 2016 oleh Alex Zaccaria dan Anthony Zaccaria, dua bersaudara yang berasal dari Australia. Mereka menciptakan Linktree karena merasa kesulitan untuk membagikan banyak link di bio Instagram mereka. Mereka ingin membuat sebuah solusi yang simpel, mudah, dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Linktree kemudian berkembang menjadi sebuah layanan yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia, termasuk selebriti, influencer, bisnis, organisasi, dan lain-lain. Linktree juga mendukung berbagai platform media sosial, seperti Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, YouTube, dan lain-lain.

Manfaat Linktree

Menggunakan Linktree bisa memberikan Anda banyak manfaat, antara lain:

  • Anda bisa membagikan banyak link dengan satu URL saja. Anda tidak perlu mengganti link di bio Anda setiap kali Anda ingin membagikan sesuatu yang baru.
  • Anda bisa mengatur tampilan dan urutan link Anda sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa menambahkan warna, gambar, emoji, atau ikon untuk membuat link Anda lebih menarik dan informatif.
  • Anda bisa melacak performa link Anda dengan fitur analytics yang telah tersedia. Anda bisa melihat berapa banyak klik, view, dan impression yang dihasilkan oleh link Anda.
  • Anda bisa meningkatkan brand awareness dan kredibilitas Anda dengan menggunakan Linktree. Anda bisa menyesuaikan nama domain, logo, dan favicon Anda untuk membuat link Anda lebih profesional dan sesuai dengan identitas Anda.
Baca Juga:  Indosat Raup Cuan Rp 51,2 Triliun Selama Tahun 2023

Cara Membuat Linktree

Membuatnya sangat mudah dan gratis. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser komputer Anda dan ketik Linktree di Google. Atau Anda bisa langsung masuk ke website Linktree di https://linktr.ee/.
  2. Klik “Join Linktree Pro for free” di halaman utama website Linktree. Anda juga bisa memilih menu “Sign up free” di pojok kanan atas layar.
  3. Masukkan alamat email aktif dan username untuk Linktree Anda. Username Anda akan menjadi bagian dari URL Linktree Anda, misalnya https://linktr.ee/username. Pastikan Anda memilih username yang mudah diingat dan relevan dengan Anda atau brand Anda.
  4. Setelah itu, klik “Create account”.
  5. Anda akan diminta untuk memilih platform media sosial yang ingin Anda hubungkan dengan Linktree Anda, misalnya Instagram, TikTok, atau Twitter. Anda bisa memilih lebih dari satu platform media sosial. Anda juga bisa melewati langkah ini dan melakukannya nanti.
  6. Selamat, Anda sudah berhasil membuat Linktree Anda. Sekarang Anda bisa mulai menambahkan link yang Anda inginkan di Linktree Anda.
Baca Juga:  Dibangga-banggakan di Indonesia, di China Huawei Malah Tumbuh Lebih Cepat Daripada Apple

Cara Membuat Tautan

Setelah Anda membuatnya, Anda bisa menambahkan tautan yang Anda inginkan di Linktree Anda. Berikut adalah caranya:

  1. Masuk ke Admin Linktree Anda dengan menggunakan email dan password yang Anda buat sebelumnya. Anda bisa masuk melalui website Linktree atau aplikasi Linktree yang bisa Anda unduh di Google Play Store atau App Store.
  2. Klik “Add New Link” di bagian bawah layar. Anda bisa menambahkan berbagai jenis link, seperti link ke website, blog, produk, layanan, video, podcast, atau apapun yang Anda inginkan.
  3. Beri judul tautan Anda, berilah nama yang jelas, singkat, dan menarik, misalnya “WhatsApp Saya”, “Beli Produk Saya”, atau “Tonton Video Saya”. Anda juga bisa menambahkan emoji atau ikon untuk membuat tautan Anda lebih menonjol.
  4. Masukkan URL tautan Anda, pastikan Anda memasukkan URL yang valid dan lengkap, misalnya https://wa.me/6281234567890, https://shopee.co.id/username, atau https://youtube.com/channel/UC1234567890.
  5. Klik “Done” untuk menyimpan tautan Anda. Anda bisa mengubah atau menghapus tautan Anda kapan saja dengan mengklik ikon pensil atau ikon tong sampah di sebelah kanan tautan Anda.
  6. Ulangi langkah 2-5 untuk menambahkan tautan lain yang Anda inginkan. Anda bisa menambahkan sebanyak mungkin tautan yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengubah urutan tautan Anda dengan menyeret dan meletakkan tautan Anda sesuai dengan prioritas Anda.