Scroll untuk baca artikel
Bali NusraBeritaBinkam

Sosialisasi Pelestarian Hutan dan Lingkungan, Upaya Kodim 1606/Mataram dan Polres Lombok Utara Membangun Desa

×

Sosialisasi Pelestarian Hutan dan Lingkungan, Upaya Kodim 1606/Mataram dan Polres Lombok Utara Membangun Desa

Sebarkan artikel ini

Lombok Utara, NTB – Komando Dsitrik Militer (Kodim) 1606/Mataram melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 menggelar sosialisasi pelestarian hutan dan lingkungan kepada masyarakat di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT), Dusun Busur, Desa Rempek Darussalam, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Kamis Malam (29/2/2024).

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan sebagai sumber kehidupan dan menjaga keberlangsungan ekosistem hutan.

Peltu Basuki selaku Bati Bhakti TNI Kodim 1606/Mataram mengatakan, sosialisasi ini merupakan bagian dari misi Kodim Penggerak TMMD ke-119 yang tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik, tetapi juga pembinaan non fisik. “Kami bersama Anggota Kepolisian Resort (Polres) Lombok Utara, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga hutan, karena hutan adalah aset bersama yang harus dilestarikan untuk kesejahteraan dan keberlanjutan hidup kita,” kata Peltu Basuki.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 1606-09/Ampenan Himbau Pengantar CJH di Embarkasi Lombok

Ia menambahkan, “konservasi hutan bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau institusi tertentu, tetapi merupakan tugas bersama bagi seluruh komponen masyarakat. Melalui sosialisasi ini, kami berupaya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga keberlangsungan hutan, teknik-teknik pelestarian hutan, pentingnya penghijauan, serta upaya-upaya konkret yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam menjaga keberlangsungan hutan,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Komandan Satuan Setingkat Kompi (DAN SSK) Kapten Inf Maturidi mengungkapkan, selain sosialisasi, TMMD ke-119 yang diselenggarakan oleh Kodim 1606/Mataram bekerjasama dengan instansi terkait baik Polres Lombok Utar dan perintah daerah juga telah merencanakan serangkaian kegiatan nyata yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan.

“Kami akan melakukan penanaman pohon, penyiapan ketahan pangan, pembersihan pantai, dan kegiatan-kegiatan lain yang mendukung pelestarian hutan dan lingkungan. Kami berharap melalui upaya-upaya ini, kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga hutan dapat terus ditingkatkan, sehingga tercipta lingkungan yang lebih sehat dan lestari untuk generasi mendatang,” tegas DAN SSK.