Scroll untuk baca artikel
Berita

Pelanggan Indosat Region Jawa Bali Nusra Capai 18,3 Juta

×

Pelanggan Indosat Region Jawa Bali Nusra Capai 18,3 Juta

Sebarkan artikel ini

Mataram – Sepanjang tahun 2023, Indosat terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus juta pelanggannya di dua merek konsumennya, IM3 dan Tri.

Selama tahun 2023 dua konsumen itu menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3% menjadi Rp 35,6 ribu.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan bertambahnya basis pelanggan yang berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3.

Di mana naik 4 poin YoY menjadi 84.1 poin. Sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0.

Hasil ini lanjut Vikram menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat dan mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang diberikan Perusahaan kepada pelanggan.

Baca Juga:  Kompolnas Lakukan Pengawasan Kesiapan Pengamanan Pilkada Polda Riau

Sementara itu, hadirnya layanan Indosat juga semakin memudahkan masyarakat terhadap kebutuhan akses layanan digital serta memberikan pengalaman yang mengesankan di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

“Sepanjang dua belas bulan tahun 2023 (FY2023), jumlah pelanggan Indosat di Region East Java & Bali Nusra (EJBN) tercatat mencapai lebih dari 18,3 juta pelanggan,” katanya, Kamis (8/2/2024).

Vikram mengatakan dari 18,3 juta pelanggan itu sekitar 78 persen di antaranya aktif menggunakan layanan internet yang menyumbangkan pertumbuhan trafik data sebesar 11,9 persen.

Pun lanjut Vikram pada 2023, Indosat region EJBN memiliki sekitar 30 ribu sites (BTS 4G) yang melayani pelanggan di wilayah atau bertambah 25 persen dari periode yang sama tahun 2022

Mengakselerasi Perjalanan Transformatif dari Telco menjadi TechCo Strategi transformasi Indosat dari Telco ke TechCo mencapai tonggak penting pada tahun 2023.

Baca Juga:  Pelaku UMKM Asal Bogor Senang Berjualan di Epicentrum Mall Mataram

“Untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperluas konektivitas di wilayah perdesaan, Indosat meningkatkan jumlah BTS 4G sebesar 30,7% YoY, menjadi 179.000 sites di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Di sisi lain, Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di lebih dari 46.000 sites hanya dalam waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN).

“Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat,” tegas Vikram.

Dikatakan Vikram, kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan pengalaman digital pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.

Baca Juga:  Kabag SDM Pimpin Sidang BP4R Personil, Ini Harapannya

Dia mengatakan peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik data yang kuat sebesar 14,8% YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB).

“Belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun yang sebagian besar digunakan untuk pengembangan bisnis selular serta perluasan jangkauan jaringan hingga ke daerah perdesaan dan terpencil,” ucapnya.

Tidak hanya itu kata Vikram, perusahaan terus melakukan berbagai kerja sama strategis dengan berbagai mitra berskala global, mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja sama strategis dalam pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.