Scroll untuk baca artikel
Politik

Rachmat Hidayat Waspadai Serangan Penyakit Degeneratif Bagus Lansia

×

Rachmat Hidayat Waspadai Serangan Penyakit Degeneratif Bagus Lansia

Sebarkan artikel ini

 

Mataram – Anggota DPR RI dapil Lombok dari PDI Perjuangan, H Rachmat Hidayat kembali lakukan aksi kemanusian dengan gelontorkan dan bagikan belasan Kursi Manual dan Elektrik untuk Nyame-Nyame atau saudara-saudara umat Hindu di kota Mataram bagi Lansia Lumpuh dan Disabilitas.

Serah terima Bantuan belasan Kursi Roda dari Rachmat Hidayat yang bekerjasama dengan Kemensos RI dipusatkan di rumah I Gde Wiska lingkungan Karang Tulamben – Cakranegara Timur yang dihadiri oleh semua penerima manfaat.

Menurut Rachmat Hidayat , dirinya hingga saat ini sudah membagikan ratusan aneka jenis Kursi Roda di Lombok , termasuk Kursi Roda adaptif untuk penderita Lumpuh Layu (celebral palsy) yang jumlahnya di Lombok setiap tahun trendnya naik secara signifikan.

Baca Juga:  TSB Ingatkan Masyarakat Jangan Percaya Survei Eks Gubernur NTB

“Trend penderita Lumpuh Layu (celebral palsy) di bumi gora Lombok cenderung naik setiap tahun secara signifikan akibat gizi buruk stunting ataupun sebab lain,” kata Rachmat, Selasa 23 Januari 2024.

Selanjutnya Rachmat menyinggung bahaya manifes serangan penyakit degeneratif akibat pola hidup yang tidak sehat yang mengabaikan asupan gizi atau nutrisi yang seimbang harian

“Penyakit degeneratif ini sangat berbahaya karena dampaknya dirasakan jangka panjang akibat pola konsumsi dan gaya hidup yang tidak sehat. tiba- tiba kena serangan stroke yang berakibat lumpuh,” ujar Rachmat .

Untuk menghindari sakit dikala usia senja seperti lumpuh, stroke, dll , kata Rachmat perlu menerapkan kembali empat sehat lima sempurna agar asupan gizi dan nutrisi seimbang.

“Hindari konsumsi makanan yang tidak sehat, demi kesehatan masa depan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Mengenal Mamiq Muhyi, Caleg DPRD NTB Dapil Lobar-KLU

Lebih jauh Rachmat mengatakan bantuan kursi roda yang ia sumbangkan untuk umat hindu hari ini murni semata-mata karena pertimbangan kemanusiaan agar para lansia yang lumpuh bisa menikmati kehidupannya tanpa merepotkan orang lain.

“Semoga bantuan puluhan kursi ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan sebagai ajang perekat tali silaturahmi diantara kita,” kata Rachmat.

Sementara itu narahubung para lansia yang lumpuh dan disabilitas agar mendapatkan bantuan kursi roda ini, I Gde Wiska mengatakan bahwa dirinya sengaja memusatkan acara serah terima kursi roda di rumahnya semata-mata untuk pertimbangan efektifitas dan efisiensi waktu.

“Karena yang menerima kursi roda ini belasan orang , maka saya berinisiatif mengumpulkan dalam satu tempat untuk serah terima agar mereka bisa langsung manfaatkan kursi rodanya,” ujar I Gde Wiska.

Baca Juga:  Bakesbangpol: Tidak Ada Sekolah Terpapar Radikalisme di NTB

Menurut I Gde Wiska belasan penerima bantuan kursi roda kebanyakkan para lansia yang menderita sakit lumpuh.

“Bantuan Kursi Roda dari Pak Haji Rachmat Hidayat sangat berguna untuk para lansia yang lumpuh,” imbuh Wiska.

Terpisah Wayan Kartini (67) mengakui dirinya menderita lumpuh diduga semenjak dirinya dua kali seminggu cuci darah.

“Bantuan Kursi Roda dari Bapak Haji Rachmat Hidayat setidaknya meringankan beban hidup saya beraktifitas harian disela-sela cuci darah. Terima kasih Pak Rachmat,” ujar Wayan Kartini

Selanjutnya Gusti Ayu Citraresmi (76) mengucapkan terima kasih kepada H Rachmat Hidayat dan I Gde Wiska yang berkontribusi terhadap sumbangan kursi roda buat dirinya.