Scroll untuk baca artikel
Global

Dukungan NATO Rudal Harpoon Ke Ukraina, Mimpi Buruk Armada Rusia

×

Dukungan NATO Rudal Harpoon Ke Ukraina, Mimpi Buruk Armada Rusia

Sebarkan artikel ini

perisainews.com – Kementerian Pertahanan Ukraina (MoD) mengucapkan terima kasih kepada sekutu NATO yang telah mempersenjatai negara tersebut dengan rudal Harpoon canggih. Saat perang berdarah dengan Rusia yang memulainya pada Februari 2022 berakhir tahun ini. Rudal Harpoon, untuk satu, telah dikreditkan dengan beberapa kemenangan pertempuran spektakuler melawan Rusia di laut.

Pada Juni 2022, pasukan Ukraina menggunakan rudal Harpoon untuk menenggelamkan kapal pasokan Rusia yang menuju Pulau Ular. Sebelimnya pasukan Rusia merebut pulau ini pada hari-hari awal perang.

Dalam sebuah posting media sosial pada tanggal 24 Desember 2023, MoD Ukraina mengatakan bahwa rudal Harpoon telah “menjadi mimpi buruk bagi armada Rusia.”

MoD juga mengatakan bahwa rudal-rudal itu telah membantu Ukraina untuk menghancurkan sejumlah besar kapal perang Rusia. Termasuk kapal perang, kapal patroli, dan kapal pendukung.

Memiliki Jangkauan Hingga 280 Kilometer

Rudal Harpoon adalah rudal anti-kapal jarak jauh yang merupakan buatan Raytheon. Rudal ini memiliki jangkauan hingga 280 kilometer dan dapat membawa hulu ledak seberat 227 kilogram. Penyerahan rudal Harpoon ke Ukraina adalah bagian dari upaya NATO untuk mendukung negara itu dalam perang melawan Rusia.

NATO telah menyediakan Ukraina dengan berbagai jenis senjata dan peralatan militer, termasuk sistem roket HIMARS, artileri howitzer, dan radar pertahanan udara. Penyerahan rudal Harpoon telah terbukti menjadi salah satu bantuan paling penting dari NATO kepada Ukraina. Rudal-rudal ini telah membantu Ukraina untuk meningkatkan kemampuannya untuk melawan armada laut Rusia, yang telah memainkan peran penting dalam perang.

Memiliki dampak signifikan pada perang di Ukraina. Rudal-rudal ini telah membantu Ukraina untuk:

  • Menghancurkan sejumlah besar kapal perang Rusia, termasuk kapal perang, kapal patroli, dan kapal pendukung.
  • Melumpuhkan kemampuan Rusia untuk memasok pasukannya di Ukraina.
  • Mengurangi tekanan Rusia di Laut Hitam. Kerugian kapal perang Rusia telah memaksa Rusia untuk mengurangi operasinya di Laut Hitam. Hal ini telah membuat lebih sulit bagi Rusia untuk memasok pasukannya di Ukraina selatan dan timur.

Rudal Harpoon juga telah membantu Ukraina untuk meningkatkan moralnya. Kemenangan-kemenangan yang diraih oleh Ukraina dengan menggunakan rudal Harpoon telah menunjukkan kepada dunia bahwa negara itu mampu melawan Rusia. Rudal Harpoon telah menjadi senjata yang sangat penting dalam perang di Ukraina. Rudal-rudal ini telah membantu Ukraina untuk meningkatkan kemampuannya untuk melawan Rusia, dan telah memiliki dampak signifikan pada jalannya perang.