Scroll untuk baca artikel
BeritaPolitik

PDIP Target 15 Ribu Warga Diberi Layanan Kesehatan di RS Apung Laksamana

×

PDIP Target 15 Ribu Warga Diberi Layanan Kesehatan di RS Apung Laksamana

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat – Kapal Rumah Sakit (RS) Apung Laksamana Malahayati milik PDI Perjuangan (PDIP) singgah di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). RS Apung Laksamana Malahayati bakal nyandar di sejumlah pelabuhan-dermaga di NTB.

RS Apung Laksamana Malahayati melayani Bakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan secara gratis kepada masyarakat.

Selama hampir satu bulan ke depan, RS Apung Laksamana Malahayati bakal nyandar di enam pelabuhan maupun dermaga di enam kabupaten di NTB. Pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat menjadi yang pertama disinggahi kapal dengan nomor IMO 9986738 GT 262 No. 2939/GGe itu.

Kemudian RS Apung Laksamana Komala Hayati bakal memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma di 5 kabupaten lain yakni Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, dan yang terakhir di Bima.

Baca Juga:  Polsek Seteluk Hadiri Pelantikan Petugas Pengawas Pemilukada Tingkat Desa Se Kecamatan Seteluk

Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat menerangkan bahwa sebagaimana layaknya rumah sakit, RS Apung Laksamana Malahayati mengemban misi pelayanan kesehatan. Secara khusus melayani rakyat Indonesia di kawasan pesisir atau di pulau-pulau terpencil.

Menurutnya, kehadiran RS Apung Laksamana Malahayati menjadi bukti keberpihakan PDIP terhadap wong cilik.

“Kehadiran Kapal RS Terapung Laksamana Malahayati menjadi satu lagi kiprah nyata PDI Perjuangan dalam membantu masyarakat. Katanya PDIP ini partai wong cilik, sakit bersama rakyat, senang bersama rakyat. Sekarang kita cari masyarakat yang sakit itu,” ujar Rachmat pada Senin (20/11/2023).

Anggota DPR itu menjelaskan, di NTB saja, RS Apung Laksamana Malahayati bakal memberikan pelayanan kesehatan kepada sekitar 15 ribu masyarakat selama satu bulan ke depan.

Baca Juga:  Personel Polres Sumbawa Barat Laksanakan Pengamanan Kegiatan Masyarakat

Secara eksplisit, Rachmat menggarisbawahi komitmen PDIP untuk hadir memberikan akses kesehatan masyarakat pesisir. Rachmat mengaku, hanya PDIP yang memiliki program Rumah Sakit Apung yang memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat.

“Silakan bisa dicek, hanya PDIP yang memiliki program seperti ini. Partai lain tidak ada, ini bukti keberpihakan kami, kepedulian kami kepada masyarakat, kepada rakyat,” bebernya.

Lebih jauh, Rachmat tak menampik bahwa kehadiran RS Apung Laksamana Malahayati juga merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya Ganjar-Mahfud menyapa masyarakat.

“Tentu jadi bagian dari Ganjar-Mahfud menyapa rakyat. Otomatis lah, karena Ganjar-Mahfud diusung PDIP, ini kan program partai,” bebernya.

Turut hadir dalam kegiatan bakti sosial pelayanan dan pengobatan gratis sejumlah Pengurus dan Caleg PDI Perjuangan dapil Lombok, Made Kariyase, Sekretaris PDI Perjuangan Lombok Utara , Suhaimi (Ketua DPC PDIP Loteng), Nyanyu Ernawati ( Sekretaris DPC PDIP kota Mataram/Ketua Fraksi PDI Perjuangan), I Gede Wiska dan Yogantara (anggota DPRD kota Mataram/FPDI).

Baca Juga:  Polsek Perdagangan Simalungun Gagalkan Transaksi Narkoba, Tiga Tersangka Diciduk

Sementara Caleg PDIP tampak hadir antara lain Endang Yuliati, Siti Nur Arinang , Sudirman SH dan Sri Wardani, semuanya caleg PDIP dapil Lombok Barat.

“Jadi jangan diragukan lagi capres-cawapres kami ini. Perhatian dan kepeduliannya kepada rakyat,” paparnya.

Selanjutnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, kata Rachmat konsisten menegakkan semangat gotong-royong. Termasuk juga gotong-royong, saling membantu di bidang kesehatan.