Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

×

Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Sebarkan artikel ini
Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh.
Manfaat Senam Lantai untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh. Image by jcomp on Freepik

Perisainews.com – Senam lantai adalah bentuk olahraga yang melibatkan gerakan tubuh yang dilakukan di atas lantai dengan berbagai gerakan yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Senam lantai telah menjadi salah satu pilihan olahraga yang populer di kalangan masyarakat karena manfaatnya yang banyak.

Manfaat pertama dari senam lantai adalah meningkatkan kekuatan otot. Dalam senam lantai, gerakan-gerakan seperti push-up, sit-up, dan plank dapat melatih dan menguatkan otot-otot tubuh, terutama otot-otot inti.

Seperti otot perut dan otot punggung. Dengan melakukan senam lantai secara rutin, kekuatan otot tubuh akan meningkat dan membantu menjaga postur tubuh yang baik.

Selain itu, senam lantai juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh. Gerakan-gerakan seperti stretching dan twisting dalam senam lantai dapat membantu melonggarkan otot-otot tubuh dan meningkatkan fleksibilitas.

Dengan tubuh yang lebih lentur, risiko cedera saat melakukan aktivitas sehari-hari juga akan berkurang.

Manfaat lainnya adalah senam lantai dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Dalam senam lantai, terdapat gerakan-gerakan yang melibatkan keseimbangan tubuh seperti handstand dan headstand.

Melakukan gerakan-gerakan ini secara teratur akan membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Contoh gerakan senam lantai yang mudah dan paling banyak digunakan antara lain seperti sit-up, push-up, plank, bridge, dan leg raise. Gerakan-gerakan ini dapat dilakukan dengan mudah di rumah tanpa peralatan khusus.

Dengan melakukan gerakan-gerakan ini secara rutin, Anda dapat merasakan manfaatnya dalam waktu singkat.

Keunggulan senam lantai dibandingkan dengan olahraga lainnya adalah fleksibilitasnya. Anda dapat melakukan senam lantai kapan saja dan di mana saja tanpa harus pergi ke pusat kebugaran.

Selain itu, senam lantai juga dapat dilakukan oleh semua kalangan usia, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun lanjut usia.