Scroll untuk baca artikel
Militer

Pesawat Tempur F-15EX, Bakal Menjadi Peningkatan Kemampuan Tempur Indonesia

×

Pesawat Tempur F-15EX, Bakal Menjadi Peningkatan Kemampuan Tempur Indonesia

Sebarkan artikel ini
Pesawat Tempur F-15EX
Pesawat Tempur F-15EX

Persiainews.com – Boeing telah berhasil menerbangkan Pesawat Tempur F-15EX ketiganya, EX3. EX3 merupakan F-15EX pertama yang dibangun dalam konfigurasi operasional akhir.

Akan segera dikirim ke Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). F-15EX adalah pesawat tempur generasi 4 yang merupakan turunan dari F-15 Eagle dengan sejumlah peningkatan yang signifikan.

F-15EX memiliki radar baru, sistem elektronik peperangan baru, dan kokpit baru. Dibandingkan dengan F-15 Eagle, F-15EX dapat membawa lebih banyak muatan senjata.

USAF telah memesan 84 F-15EX untuk menggantikan F-15C/D Eagle yang sudah tua. Pesawat ini diharapkan akan menjadi tulang punggung kekuatan udara USAF selama beberapa dekade mendatang.

Penerbangan perdana EX3 merupakan tonggak penting dalam program pengembangan F-15EX. Pesawat ini siap memasuki layanan operasional dengan USAF.

Serta akan meningkatkan kemampuan tempur serta mempertahankan keunggulan udara USAF di seluruh dunia.

Kabarnya, Indonesia juga akan membeli 24 unit Pesawat Tempur F-15EX dari Boeing. Pesawat ini merupakan varian tercanggih dari F-15 Eagle yang pernah dibuat. F-15EX memiliki sejumlah peningkatan yang signifikan, antara lain:

  • Radar APG-82(V)1 yang baru, yang dapat mendeteksi target udara dan darat pada jarak yang lebih jauh.
  • Sistem elektronik peperangan AN/ALQ-259 yang baru, yang memberikan perlindungan dari rudal dan senjata musuh.
  • Kokpit digital serba kaca, yang memberikan visibilitas yang lebih baik dan kemudahan penggunaan.
  • Kemampuan untuk membawa lebih banyak muatan senjata.

Pesawat Tempur F-15EX akan menjadi tulang punggung kekuatan udara Indonesia selama beberapa dekade mendatang. Pesawat ini akan meningkatkan kemampuan tempur Indonesia dan membantu mempertahankan kedaulatan udaranya.

Pembelian F-15EX oleh Indonesia merupakan langkah penting untuk memperkuat pertahanan udara Indonesia. Pesawat ini akan meningkatkan kemampuan tempur Indonesia dan membantu mempertahankan kedaulatan udaranya.