Scroll untuk baca artikel
Global

ASEAN dan Jepang Perkuat Kerja Sama Pariwisata

×

ASEAN dan Jepang Perkuat Kerja Sama Pariwisata

Sebarkan artikel ini
ASEAN dan Jepang Perkuat Kerja Sama Pariwisata

Perisainews.com – Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi, menghadiri Dialog Khusus Menteri Pariwisata ASEAN-Jepang yang diadakan secara virtual pada tanggal 28 Oktober 2023.

Dialog ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama pariwisata antara ASEAN dan Jepang dalam rangka pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi COVID-19.

Dalam sambutannya, Lim Jock Hoi menyambut baik penyelenggaraan dialog ini dan menyampaikan apresiasi kepada Jepang atas dukungannya terhadap sektor pariwisata ASEAN.

Ia juga menekankan pentingnya kerja sama ASEAN-Jepang dalam rangka mempromosikan pariwisata berkelanjutan dan inklusif.

“ASEAN dan Jepang memiliki potensi besar untuk bekerja sama dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan dan inklusif,” kata Lim Jock Hoi.

Baca Juga:  Kata Google: Jangan Gunakan ChatGPT untuk Buat Konten Web, Tidak Unik

“Kerja sama ini akan membantu kita untuk menciptakan lapangan kerja, meningkatkan perekonomian, dan mempromosikan budaya dan warisan kita.”

Dalam dialog ini, para menteri pariwisata ASEAN dan Jepang membahas berbagai isu, termasuk:

  • Peningkatan kerja sama promosi pariwisata
  • Pengembangan pariwisata berkelanjutan
  • Peningkatan aksesibilitas dan inklusi
  • Pengembangan sumber daya manusia

Para menteri juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam rangka pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi COVID-19.

Mereka berkomitmen untuk bekerja sama dalam upaya membuka kembali perbatasan, mempromosikan perjalanan yang aman dan sehat, dan mengembangkan produk dan layanan pariwisata yang inovatif.

“ASEAN dan Jepang berkomitmen untuk bekerja sama dalam rangka memulihkan sektor pariwisata,” kata Lim Jock Hoi.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Soroti Kerja Sama Ekonomi dan Isu Penting Lainnya dalam KTT ASEAN-GCC

“Kami percaya bahwa kerja sama ini akan membantu kita untuk membangun kembali sektor pariwisata yang lebih kuat dan lebih berkelanjutan.”

Dialog Khusus Menteri Pariwisata ASEAN-Jepang ini merupakan bagian dari upaya ASEAN dan Jepang untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pariwisata.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak dan membantu mewujudkan visi ASEAN sebagai komunitas yang damai, makmur, dan sejahtera.