Scroll untuk baca artikel
Kesehatan dan Kebugaran

Berapa Lama Seharusnya Durasi Latihan Anda?

×

Berapa Lama Seharusnya Durasi Latihan Anda?

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi durasi latihan.
Ilustrasi. Image by Freepik

Perisainews.com – Lamanya latihan yang ideal dapat bervariasi tergantung pada orang tersebut, tujuan mereka, preferensi mereka, dan jenis latihannya. Untuk angkat beban dan latihan kekuatan berat badan, 45-60 menit per sesi mungkin sudah cukup. Sementara itu, latihan kardiovaskular dan calisthenics mungkin lebih baik jika dilakukan selama 30-60 menit.

Seberapa banyak latihan kardiovaskular yang Anda butuhkan tergantung pada tujuan Anda. Idealnya, targetkan setidaknya 150 menit aktivitas sedang atau 75 menit latihan kardio intensitas tinggi per minggu. Latihan kardiovaskular dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan membakar kalori1.

Beberapa contoh latihan kardiovaskular adalah berjalan, berlari, bersepeda, berenang, dan melompat tali. Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan berapa lama latihan Anda harus berlangsung:

  • Pertimbangkan tujuan Anda. Apakah Anda ingin menurunkan berat badan, membangun otot, atau meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda? Tujuan Anda akan menentukan jenis latihan yang Anda lakukan dan berapa lama Anda harus melakukannya.
  • Pertimbangkan tingkat kebugaran Anda. Jika Anda baru memulai, Anda mungkin ingin memulai dengan latihan yang lebih pendek dan bertahap meningkatkan durasi seiring waktu.
  • Dengarkan tubuh Anda. Jangan memaksakan diri untuk berolahraga lebih lama dari yang Anda bisa. Jika Anda merasa lelah, berhentilah dan istirahat. Jika Anda merasa sakit atau cedera, hentikan latihan dan konsultasikan dengan dokter.

Berikut adalah beberapa contoh rutinitas latihan yang berbeda dan berapa lama masing-masing harus berlangsung:

  • Latihan angkat beban: 45-60 menit
  • Latihan kekuatan berat badan: 45-60 menit
  • Latihan kardiovaskular: 30-60 menit
  • Latihan calisthenics: 30-60 menit
  • Latihan interval intensitas tinggi (HIIT): 20-30 menit

Jika Anda tidak yakin berapa lama latihan Anda harus berlangsung, atau jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang latihan, tanyakan kepada dokter atau pelatih pribadi Anda. Mereka dapat memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan, tingkat kebugaran, dan tujuan Anda.

Referensi:

  1. Durasi Ideal Olahraga yang Dianjurkan Agar Kesehatan Tetap Terjaga
  2. Weight training: Improve your muscular fitness
  3. Bodyweight training: Is it effective for strength training?
  4. Cardio exercise: How to use it for health
  5. Calisthenics: What are the benefits?
  6. High-intensity interval training: How to do it