Scroll untuk baca artikel
Global

Kata Google: Jangan Gunakan ChatGPT untuk Buat Konten Web, Tidak Unik

×

Kata Google: Jangan Gunakan ChatGPT untuk Buat Konten Web, Tidak Unik

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi ChatGPT
Ilustrasi ChatGPT. Image by frimufilms on Freepik

Perisainews.com – Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang ChatGPT, sebuah teknologi kecerdasan buatan (AI) yang bisa membuat teks otomatis sesuai dengan permintaan Anda. Memang bisa berguna untuk berbagai hal, mulai dari ngobrol dengan chatbot, sampai menulis cerita, puisi, kode, dan lain-lain. Tapi, apakah Anda bisa menggunakan untuk membuat konten web yang bagus?

Jawabannya adalah tidak, menurut John Mueller, seorang ahli web dari Google. Ia menulis di X bahwa konten web yang dihasilkan tidak unik dan tidak layak bersaing dengan konten web lainnya. Ia menyarankan agar Anda lebih fokus pada konten web yang unik, menarik, berkualitas tinggi, dan bermanfaat bagi web.

Ada tiga alasan mengapa Anda tidak boleh menggunakan ChatGPT untuk membuat konten web.

Baca Juga:  AS dan Filipina Bersatu Lawan China yang Nakal di Laut China Selatan

1. Tidak bisa dipercaya sebagai sumber informasi.

Terdiri dari data yang mungkin sudah usang atau ketinggalan zaman atau salah. Kadang-kadang membuat informasi palsu yang disampaikan dengan yakin — seperti judul dan penulis buku yang tidak pernah ada. Jika Anda menggunakan ChatGPT untuk membuat konten web, Anda bisa saja menyebarkan informasi bohong atau menipu.

2. Tidak punya kreativitas atau orisinalitas yang asli.

Hanya bisa membuat teks dari apa yang sudah ada di data-nya, atau dengan cara mengombinasikan atau mengubah informasi yang sudah ada. ChatGPT tidak bisa membuat ide-ide baru atau inovatif yang belum pernah ada sebelumnya. Jika Anda menggunakan ChatGPT untuk membuat konten web, Anda bisa saja mencontek atau mencuri konten orang lain.

Baca Juga:  Konflik Pulau Rempang, Kajari Batam: Kami Siap Jembatani Komunikasi Dua Arah

3. Tidak punya tujuan atau niat yang jelas.

Hanya ingin membuat teks yang cocok dengan permintaan Anda, tanpa memikirkan tujuan atau niat dari konten tersebut. Sehingga tidak bisa menyesuaikan gaya, nada, sudut pandang, atau pesan dari teksnya sesuai dengan pembaca, topik, atau tujuan dari konten tersebut. Jika Anda menggunakannya untuk membuat konten web, Anda bisa saja membuat konten yang tidak sesuai dengan keinginan atau harapan pembaca situs Anda.

Jadi, jika Anda ingin membuat konten web yang unik dan berkualitas tinggi, Anda tidak bisa mengandalkannya sebagai sumber utama Anda. Anda masih harus melakukan riset sendiri untuk mendapatkan informasi yang benar dan terbaru. Anda juga harus menggunakan kreativitas dan orisinalitas Anda sendiri untuk membuat ide-ide yang menarik dan inovatif. Dan Anda juga harus mempertimbangkan tujuan dan niat Anda dalam membuat konten web, serta gaya, nada, sudut pandang, dan pesan yang sesuai dengan pembaca, topik, dan tujuan tersebut.

Baca Juga:  FIFA Coret Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

ChatGPT adalah teknologi AI yang luar biasa dan berguna untuk banyak hal. Tapi, ia bukan pengganti manusia dalam hal membuat konten web. Jadi, jangan biarkan ChatGPT mengambil alih pekerjaan Anda sebagai pembuat konten. Gunakanlah sebatas sebagai alat bantu atau inspirasi saja, dan tetaplah menjadi kreator yang unik dan berkualitas.