Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

Suka Lakukan Hal-Hal Ini? Tahu Nggak Sih Kalau Itu Bikin Boros Banget

×

Suka Lakukan Hal-Hal Ini? Tahu Nggak Sih Kalau Itu Bikin Boros Banget

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Boros
Ilustrasi Boros. Image by ijeab on Freepik

Karena kebiasaan sepele, tanpa disadari membuat mereka boros dan menghamburkan uang, sehingga banyak orang yang mengeluh tidak punya uang untuk menabung atau berinvestasi,. Padahal penghasilan mereka sudah cukup besar. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan sepele yang tanpa disadari membuat mereka boros dan menghamburkan uang. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Belanja online secara impulsif

Memang sangat praktis dan menyenangkan, apalagi jika ada promo atau diskon yang menggiurkan. Namun, jika tidak hati-hati, belanja online bisa menjadi kebiasaan buruk yang membuat Anda boros dan menghabiskan uang tanpa terkendali.

Hal ini tentu bisa merugikan keuangan Anda, apalagi jika Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar belanjaan Anda.

Makan di luar terlalu sering

Memang bisa menjadi pilihan yang praktis dan menyenangkan, terutama jika Anda tidak punya waktu atau kemampuan untuk memasak sendiri.

Baca Juga:  Jadi Pilihan Wisatawan, Aruna Senggigi Kembali Peroleh Penghargaan Tripadvisor Travelers’ Choice 2023  

Namun, jika terlalu sering makan di luar, Anda bisa mengeluarkan uang lebih banyak daripada jika Anda memasak sendiri di rumah.

Makan di luar bisa membuat Anda menghabiskan uang dua kali lipat daripada memasak sendiri. Selain itu, makan di luar juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda, karena Anda tidak tahu kualitas dan kandungan bahan makanan yang Anda konsumsi.

Nongkrong di kafe

Terutama saat bersama teman-teman memang bisa menjadi cara yang asyik untuk bersosialisasi dan melepas penat. Namun, jika terlalu sering nongkrong di kafe, Anda bisa mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membayar minuman dan makanan yang ditawarkan di sana.

Selain itu, nongkrong di kafe juga bisa membuat Anda tergoda untuk membeli barang-barang lain yang ada di sekitar kafe, seperti buku, aksesoris, atau pakaian.

Baca Juga:  Warga Desa Gelogor Dukung Program Jumat Berkah Polsek Kediri untuk Bantu Balita Stunting

Jika setiap nongkrong di kafe Anda menghabiskan 50 ribu rupiah, maka dalam sebulan Anda bisa mengeluarkan uang sekitar 1,5 juta rupiah hanya untuk nongkrong di kafe.

Membobol uang tabungan

Uang tabungan seharusnya digunakan untuk keperluan darurat atau tujuan jangka panjang, seperti membeli rumah, kendaraan, atau pendidikan anak. Namun, banyak orang yang tidak disiplin dalam mengelola uang tabungan mereka dan sering membobolnya untuk keperluan sepele, seperti belanja, liburan, atau gaya hidup.

Hal ini tentu sangat merugikan, karena Anda bisa kehilangan kesempatan untuk menumbuhkan uang tabungan Anda melalui bunga atau investasi.

Membobol uang tabungan adalah salah satu tanda utama bahwa Anda boros dan tidak bijak dalam mengelola keuangan.

Baca Juga:  12 Hal yang Tidak Pernah Dilakukan Orang Sukses di Malam Jumat

Memberikan penghargaan pada diri sendiri terlalu sering

Memberikan penghargaan pada diri sendiri sesekali memang baik untuk meningkatkan motivasi dan semangat kerja Anda.

Namun, jika terlalu sering memberikan penghargaan pada diri sendiri dengan alasan apapun, Anda bisa jadi boros dan menghamburkan uang tanpa sadar.

Banyak orang yang menggunakan istilah self reward sebagai alasan untuk belanja barang-barang mahal atau mewah yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Hal ini tentu tidak baik bagi keuangan Anda, karena Anda bisa mengorbankan kebutuhan penting lainnya demi memenuhi keinginan Anda.