Scroll untuk baca artikel
Bali NusraBeritaBinkamDaerahNasionalPeristiwa

Respon Cepat Tim Pemadam Kebakaran Selamatkan Dusun Karang Jurang dari Kebakaran Mematikan

×

Respon Cepat Tim Pemadam Kebakaran Selamatkan Dusun Karang Jurang dari Kebakaran Mematikan

Sebarkan artikel ini

Lombok Utara, NTB – Sebuah kebakaran lahan kosong melanda Dusun Karang Jurang, Desa Segarakaton, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, pada Jum’at (1/9/2023) sekitar pukul 08.45 WITA. Kejadian tersebut mengakibatkan mobil pemadam kebakaran dan sejumlah petugas kebakaran dikerahkan untuk mengatasi situasi darurat ini.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Segarakaton Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-10/Gangga, Serda Agung Wijaya, dan Bhabinkamtibmas Brigadir Hadiantara menerima laporan dari Kepala Dusun Karang Jurang mengenai kebakaran yang melanda wilayah tersebut. Dalam waktu singkat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas tiba di lokasi kejadian bersama masyarakat setempat untuk membantu memadamkan api. Upaya pemadaman dilakukan sementara menunggu kedatangan mobil pemadam kebakaran.

Dalam laporannya, Babinsa Segarkaton, mengungkapkan, “Kebakaran ini diduga disebabkan oleh kondisi cuaca yang panas, tumbuhan alang-alang yang mengering, dan angin kencang. Hingga saat ini, tidak dilaporkan adanya kerugian material maupun rumah warga. Meskipun demikian, petugas pemadam kebakaran, Babinsa, Babinmaspol, dan warga tetap berjaga-jaga untuk mencegah terjadinya kebakaran berulang,” ungkap Serda Agung Wijaya.

Kepala Dusun Karang Jurang, Hafizin menjelaskan, “Tiga unit mobil pemadam kebakaran serta mobil tangki air dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dikerahkan ke lokasi untuk mengatasi kebakaran. Total 15 personel pemadam kebakaran, termasuk petugas dari polsek Gangga, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan warga sekitar, berjuang bersama-sama untuk mengendalikan situasi,” tuturnya.

“Situasi akhirnya dapat dikendalikan dan dipadamkan berkat kerjasama yang baik antara berbagai pihak terkait. Dengan adanya respons cepat dan koordinasi yang efektif, masyarakat setempat dan petugas berhasil menjaga kerugian minimal akibat kebakaran ini,” tuturnya.