Scroll untuk baca artikel
BeritaDaerahHukrimKriminal

Pengungkapan Penipuan Konser Coldplay di Kota Malang, Pelaku Memanfaatkan Akun Twitter Berfollowers Bodong

×

Pengungkapan Penipuan Konser Coldplay di Kota Malang, Pelaku Memanfaatkan Akun Twitter Berfollowers Bodong

Sebarkan artikel ini
Pengungkapan Penipuan Konser Coldplay di Kota Malang

Kota Malang, Jawa Timur Penipuan konser Coldplay, memanfaatkan Animo tinggi masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung terungkap di Kota malang.

Seperti yang berhasil terungkap oleh Polsek Blimbing Polresta Malang Kota, dengan mengamankan tiga tersangka penipuan penjualan tiket konser band asal Inggris, Coldplay. Ketiga tersangka tersebut merupakan warga asli Malang dan juga Probolinggo, Jawa Timur.

Bermula dari laporan perempuan inisial RD asal Tangerang yang melakukan laporan penipuan ke Bareskrim Polri pada 19 Mei 2023 lalu.

Polisi Amankan Tiga Pelaku

Kemudian, laporan tersebut melimpahkannya ke Polresta Malang Kota pada tanggal 21 Mei 2023, karena dua tersangka di antaranya merupakan warga Malang.

“Kita sambungkan ke Polsek Blimbing (tersangka warga Blimbing) dan Kapolsek beserta tim berkoordinasi dengan penyidik Bareskrim. Untuk melakukan proses penyelidikan,” ujar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto Senin (29/5/2023).

Baca Juga:  Aksi Cepat Polsek Sungai Beremas Ringkus Pencuri Genset Bermodal CCTV

Setelah melakukan proses penyelidikan, akhirnya anggota Polresta Malang Kota melalui Polsek Blimbing berhasil menangkap ketiga tersangka. Masing-masing berinisial PASNW, GYP dan NW di wilayah Probolinggo, Jawa Timur.

“Sehingga jelas sudah kita amankan tiga orang yang menduganya melakukan tindak pidana penipuan dan penadahan terhadap penjualan tiket Coldplay,” ungkapnya.

Sementara, Kapolsek Blimbing Kompol Danang Yudanto menjelaskan kronologi penangkapan ketiga tersangka tersebut.

Awalnya, anggota kepolisian mendatangi lokasi Blimbing, Kota Malang yang sesuai dengan KTP dari tersangka. Akan tetapi, hasilnya pun nihil.

“Kemudian kita lakukan penyelidikan, ternyata yang bersangkutan ini sudah lama meninggalkan Kota Malang dan tinggal di Kota Probolinggo dan kita tangkap Jumat (26/5) lalu,” jelasnya.

Baca Juga:  Atisipasi DBD, Babinsa Karang Taliwang Ajak Warga Binaan Laksanakan Jum’at Bersih

Diketahui, dua dari tiga tersangka tersebut merupakan anak dan ibu. Lalu, satu tersangka laki-laki berinisial GYP merupakan pacar dari PSNW.

Pelaku Membeli Akun Twitter Berfollowers Banyak, dan Melancarkan Aksinya

Untuk modus penipuannya sendiri, tersangka melancarkan aksinya melalui akun media sosial Twitter bernama ‘membirv’.

“Mereka (tersangka) membeli akun Twitter yang sudah memiliki follower banyak. Itu mereka gunakan untuk menawarkan atau mengiklankan tiket, khususnya konser-konser artis luar negeri, termasuk Coldplay,” tuturnya.

“Ditawarkan dan beberapa ada yang tertarik. Kemudian men-DM akun tersangka dan lanjut ke nomor WA untuk memesan dan transfer sejumlah uang sesuai pesanan,” katanya.

Namun, saat pelapor melakukan transfer uang ke tersangka sebesar Rp9 juta, tersangka pun langsung memblokir nomor pelapor untuk menghilangkan jejak.

Baca Juga:  Saksikan Penghargaan KSAD Award 2023 Bersama Forkopimda, Dandim 1606 Mataram: Pentingnya Peran Media Dalam Memperkenalkan TNI Kepada Masyarakat

“Dari hasil penyelidikan, setidaknya ada 19 orang (yang tertipu) dengan nilai kerugian tiket yang paling murah Rp2,5 juta hingga kisaran Rp9 juta,” imbuhnya.

Para korban sendiri sebagian besar berasal dari wilayah Jakarta. Pihak kepolisian hingga saat ini masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menambah bukti dan kemungkinan masih ada korban-korban lainnya.

Tidak Hanya Lakukan Penipuan di Konser Coldplay, Pelaku Sudah Menipu Selama Setahun

Sebab, para tersangka ini tak hanya melancarkan aksi penipuannya dalam rangka menyambut konser Coldplay. Namun, mereka sudah melancarkan aksinya selama kurang lebih satu tahun kebelakang.