Scroll untuk baca artikel
BeritaBinkamNasional

Kapolri Pertimbangkan Penyelidikan Kebocoran Putusan MK Terkait Sistem Pemilu: Apakah Akan Terjadi Polemik Nasional?

×

Kapolri Pertimbangkan Penyelidikan Kebocoran Putusan MK Terkait Sistem Pemilu: Apakah Akan Terjadi Polemik Nasional?

Sebarkan artikel ini
Kapolri Pertimbangkan Penyelidikan Kebocoran Putusan MK Terkait Sistem Pemilu

Jakarta, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan apakah akan melakukan penyelidikan. Terkait dugaan kebocoran putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang berkaitan dengan sistem pemilu. Pernyataan tersebut Kapolri sampaikan usai menghadiri rapat koordinasi nasional mengenai Pemilu 2024 hari ini, (29/5/2023).

Kapolri menyatakan bahwa aparat kepolisian akan mengevaluasi dampak terhadap situasi nasional yang mungkin timbul akibat dugaan kebocoran putusan MK tersebut.

Jika menemukan potensi polemik yang berkepanjangan, maka akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Melansir dari tribratanews.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Menko Polhukam, supaya tidak terjadi polemik yang berkepanjangan. Tentunya jika situasi memungkinkan dan sesuai dengan arahan beliau, kita akan mengambil langkah-langkah penyelidikan untuk membongkar peristiwa yang terjadi,” jelas Kapolri.

Saat ini, Kepolisian  tengah merapatkan langkah-langkah, untuk membuat semua menjadi jelas,” jelas Kapolri di lokasi rapat koordinasi nasional di Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, Kapolri menjelaskan bahwa jika tidak ada unsur pidana yang teridentifikasi, maka tidak akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Tentunya, jika ada unsur pidana yang terbukti terlibat, maka kami akan mengambil langkah lebih lanjut,” ungkapnya.

Keputusan untuk melakukan penyelidikan terhadap dugaan kebocoran putusan MK ini merupakan langkah yang strategis dari pihak kepolisian. Untuk memastikan transparansi dan kepercayaan publik terhadap sistem pemilu.