Scroll untuk baca artikel
Berita

Warga Sepakat Kawal Bersama Bongkar Muat Batu Bara PLTU Jeranjanjang

×

Warga Sepakat Kawal Bersama Bongkar Muat Batu Bara PLTU Jeranjanjang

Sebarkan artikel ini

 

Lombok Barat – Pimpinan Perusahaan PT. CML Haikal mengatakan demonstrasi yang dilakukan puluhan warga Dusun Jeranjang Desa Taman Ayu Rabu (24/5/2023) kemarin hanya miskomunikasi belaka.

Menurut Haikal pihaknya sudah berkomunikasi dengan tokoh masyarakat dan kepala dusun Jeranjang Desa Taman Ayu pada persoalan kegiatan bongkar muat batu bara ke PLTU Jeranjang.

“Kami para pimpinan sudah bertemu dan berkoordinasi pelaksanaan bongkar muat batu bara dengan warga lokal. Kita akan bekerja bersama bongkar muat batu bara khususnya warga dari Dusun Jeranjang Desa Taman Ayu,” ujar Haikal dikonfirmasi Minggu (28/5/2023) via WhatsApp.

Dalam pertemuan tersebut kata Haikal pihak perusahaan dan warga lokal telah menemukan jalan tengah untuk menyelesaikan berbagai persoalan pekerjaan warga yang belum diakomodir bekerja mengangkut batu bara di PLTU Jeranjang.

Baca Juga:  Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim,  Aruna Senggigi Terus Berkomitmen Untuk Bermanfaat Bagi Masyarakat Sekitar

“Kami sudah bertemu dengan warga yang demo. Ini untuk kemaslahatan masyarakat banyak. Jadi kami akan mengakomodir warga lokal yang tidak memiliki ijazah untuk bekerja,” katanya.

Menurut Haikal PT CML juga telah membuka lowongan pekerjaan untuk warga lokal untuk mendaftar bekerja sesuai kebutuhan perusahaan dengan tanpa syarat.

“Silakan didaftarkan kami akan akomodir. Mari kita bersama-sama memberdayakan warga lokal di sekitar PLTU Jeranjang dan sekitarnya,” katanya.

Haikal mengklaim pihak perusahaan sudah banyak mengakomodir warga lokal bekerja mengangkut batu bara. Baik dari Desa Lembar Selatan, Desa Lembar Utara, Desa Kebun Ayu dan Desa Taman Ayu di Kecamatan Lembar dan Gerung Lombok Barat.

Humas PT. CML Sukiman mengatakan pihak perusahaan dan warga sudah membuat kesepakatan untuk mengakomodir masyarakat sekitar untuk ikut bekerja bersama bongkar muat batu bara ke PLTU Jeranjang.

Baca Juga:  KSP Tanggapi Video Dugaan Penyiksaan di Papua dengan Seruan Tindakan Tegas

“Kami sangat menyambut baik apa yang menjadi keputusan dan kesepakatan bersama agar bisa dijalani dengan baik,” katanya.

Dia pun meminta agar warga yang ingin benar-benar bekerja agar segera mendaftarkan diri dan bisa mendukung segala pekerjaan perusahaan bongkar muat batu bara ke PLTU Jeranjang.

Terpisah, Kepala Dusun Jeranjang Asnahudin mengaku akan menyambut baik apa yang menjadi kebijakan pimpinan perusahaan bongkar muat baru bara ke PLTU Jeranjang untuk memberdayakan masyarakat Dusun Jeranjang.

“Saya mewakili masyarakat dusun Jeranjang mengucapkan banyak terima kasih kepada pimpinan PT. CML yang akan mengakomodir kami dan warga masyarakat sekitar yang belum bekerja,” katanya.

Dia pun mengaku apa yang didemo oleh masyarakat pekan kemarin menjadi pembelajaran untuk meningkatkan koordinasi dengan perusahaan dan pemerintah dusun.

Baca Juga:  Tingkatkan Kecintaan Terhadap Warisan Budaya Bangsa, Polres Lombok Timur Gelar Nobar Wayang Orang Pandowo Boyong

Kepala Cabang mataram PT Adhi Guna Putera Agus Setiawan mengatakan pertemuan yang dilakukan pimpinan perusahaan PT. CML dengan warga lokal adalah langkah baik karena PT. CML telah mampu dan terbukti berhasil memberdayakan warga lokal untuk bekerja di perusahaan tersebut.

“Kami minta mari saling merangkul semua tokoh dan lapisan masyarakat sekitar. Kami sangat apresiasi langkah PT. CML yang selalu memberikan peluang dan kesempatan warga lokal untuk bekerja demi menjaga kondusifitas, keamanan, dan kelancaran proses bongkar muat batu bara ke PLTU Jeranjang,” ujarnya.