Scroll untuk baca artikel
BeritaBinkamDaerahNasionalPendidikan

TNI-POLRI Sukseskan Penanaman Mangrove Serentak Secara Nasional di Bagek Kembar Sekotong

×

TNI-POLRI Sukseskan Penanaman Mangrove Serentak Secara Nasional di Bagek Kembar Sekotong

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Masyarakat Indonesia bersatu dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan melaksanakan aksi penanaman mangrove serentak secara nasional. Dalam sebuah gerakan yang melibatkan berbagai pihak, ribuan pohon mangrove ditanam di berbagai wilayah pesisir Indonesia pada hari ini. Salah satunya di Dusun Bagek Kembar, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat (Lobar), Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin Sore (15/5/2023).

Pelaksna Harian (Plh.) Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kodim) 1606 Mataram Mayor Inf Sarbini, SE., yang mewakili Koamandan Kodim 1606 Mataram Kolonel Arm Arif Rahman, S.Sos., M.M menyampaikan, “Penanaman mangrove, yang merupakan bagian dari program konservasi lingkungan yang dilaksanakan serentak oleh Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) seluruh Indonesia ini bertujuan untuk mengatasi masalah degradasi pesisir, erosi tanah, dan merawat keanekaragaman hayati di wilayah pesisir. Gerakan ini juga diharapkan dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah pesisir dari bencana alam, seperti banjir dan badai,” jelas Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1606 Mataram.

“Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, serta masyarakat umum. Dalam sebuah upacara resmi di pantai utama di setiap provinsi, para pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, dan relawan bekerja sama untuk menanam pohon mangrove,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Video Conference dengan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo bersama peserta penanaman mangrove serentak secara nasional di wilayah Lombok, Danrem 162/WB Berigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahy, Kapolda NTB Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto., Kepala BNN NTB Brigjrn pol Nugraha SH., SIK., MM., MH., Kasrem 162/WB Kolonel Inf Susanto Laatua Manurung S.I.P., Kajati NTB Nanang Ibrahim Saleh, Waka Binda NTB kolonel Arm Heru., Bupati Lobar diwakili oleh Kasat Pol PP., Kapolres Lobar AKBP BAGUS NYOMAN GEDE J., SH., SIK., MAP., Dan Lanud ZAM Kolonel PMB Erwin Sugiandi, M.Han., Camat, Kepala Desa, dan Masyarakat.

Baca Juga:  Dandim 1606 Mataram Hadiri Peluncuran Si Lacak

Proyek penanaman mangrove secara nasional ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan seremonial, tetapi juga membawa dampak nyata dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir. Dengan penanaman mangrove yang luas, diharapkan dapat mengurangi dampak perubahan iklim dan memberikan perlindungan bagi fauna laut yang menjadi bagian penting dari kehidupan kita.