Scroll untuk baca artikel
BeritaBinkamDaerahNasionalSinergitas Pemda TNI POLRITNI-Polri

TNI-Polri Cek Kendaraan Usai Bongkar Muat di Pelabuhan Lembar

×

TNI-Polri Cek Kendaraan Usai Bongkar Muat di Pelabuhan Lembar

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Sebagai upaya untuk meminimalisir tindak kejahatan yang sering terjadi di sekitar Pelabuhan terlebih dalam arus mudik lebaran 1444 H/2023 M, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung, Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram melaksanakan kegiatan pemeriksaan kendaraan yang baru saja bongkar muat di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (19/4/2023).

Pemeriksaan kendaraan tersebut dilakukan oleh Babinsa bersama dengan petugas keamanan pelabuhan dan petugas Posko Terpadu Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 1444 H. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan tidak ada barang yang tidak diperbolehkan masuk atau keluar dari pelabuhan.

Menurut Koptu Basirun, salah satu Babinsa yang bertugas, pemeriksaan kendaraan usai bongkar muat di pelabuhan merupakan salah satu tugas rutin yang harus dilakukan oleh Babinsa. “Kami harus memastikan bahwa semua barang yang masuk atau keluar dari pelabuhan telah melalui prosedur yang benar dan tidak mengandung benda-benda yang berbahaya,” ujarnya.

Baca Juga:  Kemenkumham Dorong Warga NTB Ajukan Hak Kekayaan Intelektual

Pemeriksaan kendaraan tersebut dilakukan dengan teliti dan cermat. Setiap kendaraan yang baru saja bongkar muat di pelabuhan diperiksa mulai dari bagasi hingga mesin kendaraan. “Kami juga memperhatikan setiap orang yang turun dari kendaraan tersebut, dan memastikan bahwa mereka tidak membawa barang-barang yang tidak diperbolehkan,” tambahnya.

“bersama anggota Polri saling membantu dalam menjaga keamanan dan kelancaran aktivitas di Pelabuhan selama mudik dan arus balik nanti,” tegasnya.

Kepala Seksi Operasi Kodim 1606 Mataram, Kapten Inf Iwan S saat dimintai keterangan mengungkapkan, “Dengan adanya kegiatan pemeriksaan kendaraan usai bongkar muat di pelabuhan yang dilakukan oleh TNI-POLRI, diharapkan dapat meminimalisir tindak kejahatan yang sering terjadi di sekitar pelabuhan, serta meningkatkan keamanan dan kelancaran aktivitas di pelabuhan tersebut,” tutupnya.