Scroll untuk baca artikel
Berita

Mark Zuckerberg: Kejeniusan dan Kontroversi di Balik Kiprah Pendiri Facebook

×

Mark Zuckerberg: Kejeniusan dan Kontroversi di Balik Kiprah Pendiri Facebook

Sebarkan artikel ini
Mark Zuckerberg Pendiri Facebook
Mark Zuckerberg Sang Pendiri Facebook. FOTO: Wikipedia

Mark Zuckerberg adalah seorang pengusaha dan programmer asal Amerika Serikat merupakan pendiri Facebook. Sebuah situs jaringan sosial yang sangat populer. Ia lahir pada 14 Mei 1984 di White Plains, New York, dan mulai mengembangkan kecintaannya pada pemrograman komputer sejak usia dini.

Mark Zuckerberg Pendiri Facebook. FOTO: Wikipedia

Zuckerberg belajar di Universitas Harvard dan pada tahun 2004, ia mendirikan Facebook bersama dengan beberapa teman sekelasnya. Situs web tersebut awalnya sebagai platform eksklusif untuk anggota Harvard. Tetapi kemudian memperluasnya ke institusi pendidikan lainnya dan akhirnya menjadi terbuka untuk umum.

Kepemimpinan Zuckerberg dan inovasinya dalam teknologi sosial telah membuat Facebook. Menjadi salah satu situs web paling sukses dan berpengaruh di dunia. Ia telah menerima banyak penghargaan. Termasuk Time Person of the Year pada tahun 2010, dan saat ini menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Namun, Zuckerberg juga telah menghadapi kontroversi dan kritik atas masalah privasi dan penggunaan data pribadi di Facebook.

Facebook, Mark Zuckerberg, Pendiri FacebookMiliki 2,8 Miliar Pengguna Aktif

Facebook memiliki lebih dari 2,8 miliar pengguna aktif bulanan pada akhir tahun 2020, menurut laporan keuangan Facebook. Angka ini menunjukkan bahwa Facebook adalah salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Selain itu, Facebook juga memiliki beberapa platform yang populer seperti Instagram, WhatsApp, dan Messenger, yang juga memiliki jutaan pengguna aktif bulanan. Namun, penting untuk di catat bahwa jumlah pengguna Facebook dan platform lainnya dapat berubah dari waktu ke waktu. Mungkin tidak selalu mencerminkan jumlah pengguna yang sebenarnya.

Awal Mula Berdiri Hingga Kini

Facebook berdiri pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Andrew McCollum ketika mereka masih menjadi mahasiswa di Harvard University. Awalnya, situs ini untuk siswa Harvard saja, kemudian berkembang ke universitas lainnya di Amerika Serikat dan kemudian ke seluruh dunia. Dalam waktu singkat, Facebook menjadi sangat populer dan pada tahun 2012, Facebook menjadi jejaring sosial terbesar di dunia dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif.