Scroll untuk baca artikel
BeritaPolitik

Jelang Pemilu 2024, Potensi Gejolak di NTB Disebut Masih Minim

×

Jelang Pemilu 2024, Potensi Gejolak di NTB Disebut Masih Minim

Sebarkan artikel ini

Mataram – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldargi) Provinsi NTB tidak melihat ada potensi gejolak yang terjadi jelang Pemilu tahun 2024 mendatang. Pihaknya mengklaim sejauh ini masih kondusif.

“Pantauan kita jelang Pemilu, Kita NTB masih kondusif,” ungkap Kepala Bakesbangpoldagri NTB, Lalu Abdul Wahid di Mataram kemarin.

Sebagai bentuk pengawalannya, Bakesbangpoldagri akan membentuk Desk Pemilu. Desk Pemilu dimaksudkan sebagai ruang terbuka untuk melakukan koordinasi maupun pantuan secara langsung dari dinamika yang terjadi di lapangan.

“Desk Pemilu tetap kita bentuk,” tegasnya.

Wahid mengatakan mengantisipasi potensi konflik Pemilu butuh kedewasaan semua pihak baik pemilih maupun para kontestan. Hal yang lebih penting juga bagaimana penyelenggara pemilu tetap menjaga intergitas dalam bekerja.

“Mengapa kontestan dan pemilih kita kedepankan kedewasaannya, agar kita semua menghindari dari hal hal prilaku baik pemilih kontestan melanggar aturan pemilu. Yang terpenting tidak mengarah kepada politik identitas,” bebernya.

Mantan Karo Pemerintahan dan Otda NTB itu mengatakan menghindari politik identitas tersebut salah satunya dengan mengedepankan aspek kedewasaan.

Sebagai langkah kongkrit mengantisipasi potensi konflik, pihaknya akan banyak melakukan pendidikan politik kepada masyarakat. Tidak hanya itu juga akan tetap melalukan konsolidasi dan koordinasi dengan stakeholder yang ada.

“Dua hal ini penting selain kedepankan aspek kedewasaan. Kita akan banyak melakukan pendidikan politik, selalu mengedepankan koordinasi,” ujarnya.