Scroll untuk baca artikel
BeritaBinkamDaerahKesehatanNasional

Babinsa Labuan Tereng Bantu Petugas UPT Puskeswan Berikan Vitamin dan Ear Tag Pada Hewan ternak Warga

×

Babinsa Labuan Tereng Bantu Petugas UPT Puskeswan Berikan Vitamin dan Ear Tag Pada Hewan ternak Warga

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Semangat tidak mengenal lelah Bintara Pembina Desa (Babinsa) Labuan Tereng Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung bersama petugas Kesehatan Hewan (Keswan) melaksanakan pemberian vitamin sekaligus pemberian vaksin dan juga penandaan telinga (Ear tag) terhadap hewan ternak sapi di Dusun Kebon Talo, Desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, Minggu (26/3/2023).

kegiatan pemberian vaksin dan vitamin merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap sapi, sehingga para peternak dengan tenang memelihara sapi tanpa ada keragu-raguan.

Babinsa Labuan Tereng Sertu I Nengah Wijaya Antara menjelaskan, “pemberian vitamin dan pencegahan PMK ini merupakan program pemerintah dan kami harapkan dengan adanya program ini untuk semua peternak sapi supaya di manfaatkan dengan sebaik-baiknya karena ini gratis,” ucapnya.

Baca Juga:  Kodim 1606 Mataram Melalui Staf Operasional Gelar Latihan Menembak Laras Panjang dan Pistol

Kepala UPT Puskeswan wilayah selatan Lalu Zuliadi, S.K.H., mengatakan, “PMK merupakan penyakit hewan menular yang menyerang hewan berkuku belah baik hewan ternak maupun hewan liar seperti sapi, kerbau, domba, kambing, babi, rusa/kijang, onta dan gajah. Dengan adanya kegiatan seperti ini merupakan salah satu cara kita untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran penyakit tersebut, kami harapkan dengan adanya program ini semua pertenak jagan ada keragu-raguan, karena program ini sangat penting untuk semua peternak sapi,” jelasnya.

Miin salah satu warga yang pemilik sapi mengatakan, “kami ucapkan banyak terima kasih  kepada semua petugas beserta Babinsa atas kepedulian terhadap kami terutama pada hewan ternak kami, dengan adaya program ini semoga ternak kami semkain sehat dan nilai jualnya bisa meningkat,” harapnya.