Scroll untuk baca artikel
BeritaBinkamDaerah

Jaga Kerukunan Umat Beragama, Babinsa Golong Bersama Pecalang Jaga Umat Hindu dan Muslim Yang Melaksanakan Hari Raya Nyepi dan Ibdah Puasa Ramadhan

×

Jaga Kerukunan Umat Beragama, Babinsa Golong Bersama Pecalang Jaga Umat Hindu dan Muslim Yang Melaksanakan Hari Raya Nyepi dan Ibdah Puasa Ramadhan

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Pada hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 Bagi umat Hindu yang bertepatan juga dengan pelaksanaan ibadah Puasa Ramadhan 1444 Hijriyah bagi umat Muslim, TNI dalam hal ini Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama pecalang yang merupakan pengawal tradisional adat Bali, berkolaborasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Hari Raya Nyepi dan Ibadah Puasa Bagi masyarakat di Dusun Peninjauan, Desa Golong, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Kamis (23/3/2023).

Melalui kerja sama ini, TNI dan pecalang secara bersama-sama melakukan patroli keamanan di wilayah Komando Rayon Militer (Koarmil) 1606-08/Narmada untuk memastikan agar umat Hindu dan Muslim yang sedang melaksanakan perayaan Nyepi dan Ibadah Puasa dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Menurut Komandan Koramil (Danramil) 1606-08/Narmada, Kapten Inf Jendra Joly Tampemawa, kerja sama ini merupakan bentuk dukungan TNI kepada masyarakat, khususnya umat Hindu dan Muslim dalam menjalankan tradisi keagamaannya.

“Saya bersama seluruh personel Babinsa di wilayah koramil 1606/08 Narmada, bersinergi dengan pecalang dalam menjaga keamanan selama perayaan Nyepi dan Ibadah Puasa. Kita berharap kerja sama ini dapat terus berlangsung dan menjadi contoh bagi wilayah lain,” ujarnya.

Sementara itu, I Negah Suparta anggota Pecalang Desa Golong, mengapresiasi kerja sama yang dilakukan bersama TNI. Menurutnya, kerja sama ini sangat membantu dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Nyepi.

“Kami bersyukur atas kerja sama yang dilakukan bersama TNI. Dengan adanya kerja sama ini, kami dapat menjaga keamanan dan ketertiban dengan lebih baik. Kami berharap sinergitas ini dapat terus berlangsung di masa depan,” ungkap I Negah Suparta.

Baca Juga:  Laksanakan Vaksinasi Booster ke-2 bagi Seluruh Karyawan, GM Aruna Senggigi Resort & Convention: Salah Satu Upaya Memberikan Pelayanan Terbaik Bagi Wisatawan  

Babinsa Golong Serka Mulyanto yang turun melaksanakan patroli mengungkapkan, “Dengan adanya sinergitas antara TNI dan pecalang, pelaksanaan Hari Raya Nyepi di wilayah binaan dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Hal ini juga menunjukkan bahwa kerja sama antara institusi TNI dan masyarakat adat dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” pungkasnya.