Scroll untuk baca artikel
BeritaBinkamDaerah

Cek Persiapan Pawai Ogoh-Ogoh, Babinsa Sapta Marga Pastikan Ogoh-Ogoh Aman dan Tidak Membahayakan Bagi Peserta dan Penonton

×

Cek Persiapan Pawai Ogoh-Ogoh, Babinsa Sapta Marga Pastikan Ogoh-Ogoh Aman dan Tidak Membahayakan Bagi Peserta dan Penonton

Sebarkan artikel ini

Mataram, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-01 Cakranegara bersama warga Keluarahan Sapta Marga, melakukan cek persiapan untuk acara pawai ogoh-ogoh yang akan diadakan menjelang Hari Raya Nyepi, Selasa 21 Maret Tahun 2023 mendatang.

Kegiatan yang akan berlangsung di sepanjang Jalan Panjang Kota Mataram tersebut akan diikuti oleh seluruh panitia dan anggota tim ogoh-ogoh se Kota Mataram. Babinsa Koramil 1606-01 Cakranegara, Serka Jose Da Costa, menyampaikan pesan dan arahan kepada warga tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama acara pawai ogoh-ogoh.

“Kami dari pihak TNI akan selalu siap membantu dan mengawal jalannya acara pawai ogoh-ogoh agar berjalan lancar dan aman,” ujar Serka Jose Da Costa, Jum’at (17/3/2023).

Baca Juga:  Kodim 1606 Gelar Program Ketahanan Pangan Untuk Meningkatkan Kemandirian Masyarakat di Mulai Dari Posramil Lingsar

Selain itu, Serka Jose Da Costa juga memeriksa kelengkapan dan keamanan ogoh-ogoh yang akan digunakan pada pelaksanaannya nanti. Ia mengecek apakah semua ogoh-ogoh telah dilengkapi dengan tali pengaman dan apakah ada bahan-bahan yang berbahaya yang digunakan pada ogoh-ogoh.

“Kami memastikan bahwa ogoh-ogoh yang akan digunakan nanti aman dan tidak membahayakan bagi peserta dan penonton,” jelas Serka Jose Da Costa.

Kegiatan cek persiapan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama acara pawai ogoh-ogoh. Hal ini juga dapat meminimalisir terjadinya gangguan keamanan yang dapat mengganggu jalannya acara.

Acara pawai ogoh-ogoh sendiri merupakan tradisi yang sudah dilakukan setiap tahun pada malam menjelang Hari Raya Nyepi di Wilayah Koramil 1606-01 Cakranegara. Pawai ogoh-ogoh diikuti oleh seluruh Banjar se Kota Mataram dan menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu setelah dua tahun Covid-19 melanda.