Scroll untuk baca artikel
BeritaBinkamDaerahKesehatanSinergitas Pemda TNI POLRI

Babinsa Kuripan Induk Dampingi Nakes Puskesmas Kuripan Laksanakan Fogging

×

Babinsa Kuripan Induk Dampingi Nakes Puskesmas Kuripan Laksanakan Fogging

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Mengantisispasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah binaan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kuripan Induk Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung bersama Bhabinkamtibmas laksanakan pendampingan terhadap Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskemas Kuripan dalam pengasapan (Fogging) di sejumlah titik di Dusun Karang Rumak, Desa Kuripan Induk, Kecamatan Kuripan, Lombok Barat, Rabu (8/3/2023).

Dalam laporannya Serda Wahyu Supriatno Babinsa Kuripan Induk, menjelasakan, “tindakan pengasapan dilakukan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit DBD,” tuturnya.

“Fogging ini di lakukan bersama Nakes dari Puskesmas Kuripan di mana salah satu wilayah tersebut yang sering menjadi lokasi terindikasi sebaran kasus DBD tiap tahunnya. Untuk lebih aman dan lancarnya penanggulangan DBD ini, kami mengajak warga untuk menjaga agar tidak terjadi genangan air hujan di sekitar rumah dan tempat lainnya, ” tambahnya.

Baca Juga:  Tim Muda Lombok FC Berangkat Jalani Traning Camp di Barcelona

Adam Nakes Puskesmas Kuripan mengungkapkan, “Selain menyebabkan DBD jenis nyamuk ini juga membawa virus demam kuning seperti chikungunya, dan demam. Untuk itu kami menekankan pentingnya tindakan pencegahan untuk menghindari penyebaran DBD, seperti menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari penumpukan air di sekitar rumah,” ucapnya.

“Kami mengimbau warga untuk mengikuti petunjuk Nakes agar tetap waspada terhadap gejala DBD seperti demam tinggi, sakit kepala, dan mual. Jika terdapat gejala tersebut, segera hubungi puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis,” tutupnya.