Scroll untuk baca artikel
BeritaDaerahOlahraga

Penonton WSBK Mandalika 2023 Naik Tahun Ini, Tembus 59 ribu penonton

×

Penonton WSBK Mandalika 2023 Naik Tahun Ini, Tembus 59 ribu penonton

Sebarkan artikel ini
Penonton WSBK Mandalika 2023 Naik Tahun Ini, Tembus 59 ribu penonton

Mandalika, NTB – Penonton ajang World Superbike (WSBK) Mandalika 2023 lebih banyak 15% dari tahun lalu yang mencapai 51 Rlribu, tahun ini mencapai 59 ribu penonton.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Minggu (5/3/2023) menjelasakan, dampak positif dari ajang WSBK di Sirkuit Mandalika selama tiga hari atau 3-5 Maret 2023 itu.

“Penonton pada ajang World Superbike WSBK 2023 ini mencapai 59 ribu penonton,” kata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Saat acara konferensi pers di Media Center Indonesia, Minggu (5/3/2023).

Sandiaga mengatakan, jumlah penonton pada ajang WSBK 2023 ini meningkat 15 persen bila membandingkannya dengan ajang WSBK 2022 yang mencapai 50 ribu.

Baca Juga:  SBNI NTB Siap Bejuang untuk Buruh

“Jumlah penonton mengalami peningkatan 15 persen dari penonton WSBK 2022,” katanya.

Berdampak Bangkitkan Pariwisata di NTB

Menurutnya, ajang WSBK, MXGP dan MotoGP memiliki dampak cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selain itu, ajang balap motor Internasional itu dapat membangkitkan pariwisata di Indonesia maupun di NTB.

“Ajang balap motor ini memberikan dampak Rp5 Triliun terhadap ekosistem pergerakan ekonomi di Indonesia dan lapangan kerjanya cukup banyak yang tercipta,” katanya.

Sandiaga mengungkapkan bahwa angka ini menjadi sejarah. Setelah tiga kali mengadakan balapan di Mandalika, jumlah penonton tetap ramai.

“Kita harus bangga Mandalika terus mencetak prestasi. Mari kita dukung bersama,” tambahnya.

Sandiaga juga mengatakan bahwa pencapaian ini dalam perhelatan WSBK adalah usaha dari berbagai pihak. Mulai dari masyarakat, pemerintah kabupaten hingga provinsi untuk menyukseskan WSBK 2023.

Baca Juga:  Karo SDM Polda NTB Bersama Kapolres Lombok Barat Bersilahturahmi ke Keluarga Korban Gempa Turki di Labuapi

Ini terlihat pada hari terakhir WSBK Mandalika, penontonnya lebih ramai dari hari pertama dan kedua. Di tengah panas terik, para penonton bersorak-sorai setiap pembalap melintas di sirkuit, saat para rider mengaspal di lintasan.

Kondisi Lintasan Sudah Melalui Inspeksi yang Ketat

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria.

“Dari hasil pemantauan langsung melalui tercatat penonton WSBK mandalika tahun ini memang tembus hingga 59 ribu penonton,” ungkapnya.

Terutama pada hari ketiga, penonton begitu antusias untuk menyaksikan para rider ini berlaga di tengah lintasan, memperebutkan posisi terbaik.

“Ini juga didukung oleh kondisi lintasan Sirkuit Mandalika, telah melalui inspeksi yang ketat, tidak ada bagian permukaan lintasan yang rusak. Maupun kondisi lainnya di sirkuit Mandalika juga telah melalui inspeksi, baik itu dari FIM maupun pihak Dorna,” imbuhnya.

Baca Juga:  Mudahkan Komunikasi Saat Pelaksanaan Pam VVIP, Dandim 1606 Mataram Perintahkan Pasi Ops Bagikan HT

Sehingga sepanjang gelaran WSBK selama tiga hari atau 3-5 Maret 2023 berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Mendengar hal itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady ucap syukur karena penonton WSBK Mandalika tahun 2023 ini lebih banyak ketimbang tahun 2022 lalu.

“berdasarkan data yang telah disampaikan penyelenggaraan, penonton ajang WSBK 2023 ini mencapai 59 ribu,” tegasnya.

“Alahamdulillah, Dorna mengumumkan bahwa penonton WSBK 2023 sukses, 59 ribu penonton, ini kesuksesan kita bersama, mudah-nudahan kedepan kita semakin sukses amin,” pungkasnya.