Scroll untuk baca artikel
Berita

Bangun 49 RTLH di Lombok Utara dan Lombok Tengah

×

Bangun 49 RTLH di Lombok Utara dan Lombok Tengah

Sebarkan artikel ini

Lombok Utara – Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan H Rachmat Hidayat, kembali memberikan Kado spesial untuk masyarakat di Pulau Lombok. Kali ini, politisi kharismatik Bumi Gora ini menuntaskan pemugaran 49 Rumah Tidak Layak Huni dan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) untuk Pondok Pesantren di Lombok Utara dan Lombok Tengah.

“Bantuan-bantuan dari program aspirasi saya sebagai Anggota Komisi VIII DPR RI ini semata-mata didasari oleh aspek sosial kemanusiaan agar masyarakat tidak mampu memiliki rumah layak tinggal,” kata Rachmat Hidayat di sela-sela meninjau salah satu RTLH yang telah tuntas dipugar di Lombok Tengah dan Lombok Utara sepanjang akhir pekan lalu.

Di Lombok Tengah, peninjauan antara lain dilakukan di Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur. Rachmat menegaskan, membantu masyarakat tidak mampu agar memiliki rumah layak huni merupakan komitmen dirinya yang bekerja sama dengan Kementerian Sosial maupun Badan Pengelola Keuangan Haji.

Baca Juga:  Dandim 1606 Mataram Ikuti Apel Oprasi Ketupat Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 di Kota Mataram

Angka warga tidak mampu sendiri di NTB memang masih banyak. Mencapai 746 ribu jiwa. Khusus di Pulau Lombok yang menjadi Daerah Pemilihan Rachmat Hidayat, data BPS NTB menyebutkan, pada 2021, jumlah penduduk miskin di Pulau Seribu Masjid sebanyak 524.170 jiwa.

Jumlah terbanyak ada di Lombok Timur dengan 180.840 warga miskin. Disusul Lombok Tengah dengan 131.940 jiwa. Lalu Lombok Barat dengan 105.240 jiwa. Lombok Utara 61.700 jiwa, dan Kota Mataram dengan 44.450 jiwa.

Adapun 49 RTLH yang dipugar melalui program aspriasi Rachmat tersebut diperuntukkan untuk Lombok Utara sebanyak 20 unit ditambah dengan Pembangunan RKB untuk MTs Malaka dan Ponpes Nurul Yaqin Malaka Kabupaten Lombok Utara. Sementara di Lombok Tengah, terdapat 29 unit untuk masyarakat tidak mampu di wilayah Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur.

Baca Juga:  Laksanakan Perintah Danramil 1606-04 Gerung, Babinsa Labuan Tereng Sambangi Pengrajin Batu Bata

Di Semoyang, saat meninjau rumah-rumah yang sudah selesai dipugar tersebut, Rachmat disambut ratusan warga dari dua desa yakni Desa Semoyang dan Desa Marong. Mereka datang sebagian besar mengenakan kaos berwarna merah. Rachmat dan rombongan bahkan dielu-elukan warga desa sepanjang jalan masuk menuju lokasi RTLH yang selesai dibangun tersebut.

Sementara itu, dari kelompok masyarakat, hadir puluhan anggota P3A (Persatuan Petani Pengguna Air), Petugas Program Keluarga Harapan (PKH ), serta sejumlah tokoh masyarakat, perangkat desa dan kepala dusun di lingkungan Desa Semoyang.

Di hadapan Rachmat Hidayat, Amaq Roli, salah seorang penerima bantuan pemugaran rumah dari Dusun Kebon, Desa Semoyang, mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Rachmat Hidayat.

Baca Juga:  Longsor di Natuna, 35 Warga Masih Dinyatakan Hilang

“Saya menerima bantuan dari Bapak Rachmat Hidayat untuk pemugaran rumah saya senilai Rp 20 juta. Sudah saya pakai untuk menyelesaikan pembangunan rumah 4 x 5 meter dengan dibimbing oleh tim dari PKH,” katanya.

Selanjutnya Amaq Roli bercerita, sebelum mendapat bantuan tersebut, dirinya tinggal di rumah bedek reot. Rumah juga tidak memiliki ventilasi.

“Kebaikkan Bapak Rachmat Hidayat dan PDI Perjuangan tidak akan pernah saya lupakan,” imbuhnya.

Selain meninjau dan menginspeksi rumah yang telah selesai dipugar, Rachmat juga menggelar temu wicara untuk menyerap aspirasi masyarakat terkait beberapa isu. Rachmat juga minta mereka terbuka dan menyampaikan apa adanya permasalahan sosial kemasyarakatan.