Scroll untuk baca artikel
BeritaDaerahKesehatanNasional

IDI Cabang Lobar Inisiasi Baksos Pengobatan Gratis Bagi Masyarakat Pegunungan Sekotong

×

IDI Cabang Lobar Inisiasi Baksos Pengobatan Gratis Bagi Masyarakat Pegunungan Sekotong

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lombok Barat (Lobar) menjadi inisiator sinergitas kerja antar Organisasi Profesi (OP) Kesehatan lainnya dalam Bakti Sosial (Baksos) Pelayanan Kesehatan bagi masyarakat bersama Tenaga Kesehatan (Nakes) yang berada di daerah pegunungan Dusun Serero, Desa Sekotong Tengah, Wilayah Kerja Puskesmas Sekotong, Kecamatan Sekotong, Lobar, Kamis (23/02/2023).

Lokasi sasaran yang di atas pegunungan dengan jarak tempuh sekitar 6 km dari kantor Desa Sekotong Tengah dan di huni oleh sekitar 200 Kepala Keluarga (KK) tersebut, memiliki akses jalan yang kurang memadai, terlebih saat ini musim hujan yang menjadikan jalan becek dan licin, membuat pelayanan kesehatan untuk masyarakat menjadi perhatian.

Kondisi tersebut menjadi sebuah tantangan dan tidak menyurutkan semangat Tenaga Kesehatan dalam menjangkau dan memberikan pelayanan kesehatan di daerah tersebut. Kehadiran Tim Baksos yang di lengkapi dengan kehadiran Dokter Spesialis tersebut melayani ±100 orang dengan sasaran mulai dari bayi hingga lanjut usia.

Ketua IDI Lobar Dr.Nanang Widodo, Sp.B., M.Sc., M.P.H., FINACS., dalam keterangannya mengungkapkan, “Gabungan berbagai OP Kesehatan di Lobar yang ambil bagian yakni IDI, Persatuan Perawat (PPNI), Ikatan Bidan (IBI), Ikatan Apoteker (IAI) dan Perkumpulan Promotor Kesehatan (P3KMI) tersebut hadir di Dusun Serero memberikan Layanan Posyandu Keluarga dan Pemeriksaan Kesehatan serta Pengobatan gratis kepada masyarakat setempat, sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi kesehatan masyarakat yang merupakan wujud nyata program pengabdian masyarakat,” jelasnya.

“turut berpartisipasi juga dalam Bakti Sosial tersebut Nakes Puskesmas Pelangan, Puskesmas Sekotong, Puskesmas Eyat Mayang dan Puskesmas Jembatan Kembar serta Tim RSUD Tripat Gerung dan RSAM Narmada,” Tambahnya.

Kasi Pemerintahan Camat Sekotong Seneng, SKM., yang turut mendampingi bersama Kades Sekotong Tengah, Kadus Serero, Babinkamtibmas, para Kader dan masyarakat setempat menyampaikan, “terima kasih kepada IDI Cabang Lobar yang telah menginisiasi kegiatan Nakes mengabdi untuk negeri ini,” tutupnya.