Scroll untuk baca artikel
Travel

Mahasiswa KKN Unram Gencarkan Promosi Wisata Desa Batu Kumbung

×

Mahasiswa KKN Unram Gencarkan Promosi Wisata Desa Batu Kumbung

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa KKN Unram Gencarkan Promosi Wisata Desa Batu Kumbung

Lombok Barat – Mahasiswa KKN Universitas Mataram gencar promisikan wisata Desa Batu Kumbung, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Seluruh mahasiswa membuat peta wisata beserta barcode lokasi wisata.

Membuat Peta Wisata Beserta Barcode Lokasi

Hal tersebut diyakini dapat memberikan informasi bagi pengunjung. Terlebih bagi pengunjung yang baru pertama kali berwisata ke tempat ini.

Munazi, ketua Bumdes Batu Kumbung mengatakan, Desa ini masuk ke salah satu kawasan wisata di daerah Lombok barat. Uniknya, di setiap dusun melahirkan ikon wisata yang berbeda-beda.

Pemerintah Desa memanfaatkan kelebihan atau keunikan yang setiap dusun miliki, sehingga objek wisatanya tidak hanya berfokus di satu dusun saja.

“Kami ini memiliki 11 dusun yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri, seperti Kampung Budaya di dusun Batu Kumbung. Kemudian Kampung Seni dan Toleransi di Tragtag, wisata Mina di Pondok Buak, wisata Tirta di Manggong. Ada juga Ekowisata Agro di Orong Dalem. Kami yakin bahwa setiap objek wisata tersebut memiliki potensi yang sangat menarik untuk mempromosikannya,” katanya, Kamis (9/2/2023).

Ketua Kelompok KKN Desa Batu Kumbung Ni Wayan Anggun Diah Utami mengatakan semua mahasiswa membuat peta wisata. Untuk membantu promosi wisata Desa Batu Kumbung.

“Adanya peta wisata ini, pengunjung dapat mengetahui lebih jelas ragam wisata yang ada di sini,” jelasnya.

Sudah Ada Selama 128 Tahun

Memiliki sebutan Wisata Desa dan sudah berdiri selama 128 tahun sampai saat ini. Sehingga menjadi desa wisata sejak tahun 2019 lalu. Untuk Jarak tempuhnya sendiri dari pusat kota Mataram terpaut 30 menit perjalanan menuju desa.