Scroll untuk baca artikel
Berita

Cara Kerja Bandwidth dan Fungsinya

×

Cara Kerja Bandwidth dan Fungsinya

Sebarkan artikel ini
ilustrasi cara kerja bandwidth dan Fungsinya
ilustrasi cara kerja bandwidth dan Fungsinya. Foto: Freepik.com

Bandwidth adalah maksimal besar transfer pada satu waktu dalam pertukaran data, lalu bagaimana cara kerja bandwidth itu sendiri.

Bandwidth merupakan Istilah yang merujuk pada suatu nilai konsumsi dalam transfer data. Antara perangkat server dan client dalam waktu tertentu, biasanya terhitung dalam satuan bps (bit per second).

Dalam jaringan komputer, istilah bandwidth sering mengaitkannya dengan data transfer rate. Merupakan jumlah data dari satu titik ke titik lainnya dalam waktu tertentu (biasanya dalam satuan detik). Semakin besar bandwidth, maka semakin besar kemampuan transmisi data. Yang terjadi dalam jaringan tersebut.

Cara Kerja Bandwidth

Saat pengguna terhubung dengan suatu jaringan, maka bandwidth akan bekerja sesuai fungsinya. Jika terhubung ke suatu jaringan, biasanya terdapat batasan volume akses. Untuk itu, kalian perlu menghemat penggunaan bandwidth. Karena, semakin besarnya bandwidth yang tersedia, maka semakin besar pula jumlah kapasitas data yang dapat menstranfernya.

Jenis-Jenis Bandwidth

Terdapat 2 jenis bandwidth antara lain

Bandwidth Analog

Bandwidth analog adalah bandwidth yang menyatakan perbedaan antara frekuensi rendah dan frekuensi tinggi. Dalam rentang satuan frekuensi yang dalam ukuran Hertz (Hz). Bisa memastikan banyaknya informasi yang di transmisikan dalam waktu tertentu. Jenis bandwidth ini kini sangat jarang dalam dunia jaringan.

Bandwidth Digital
Bandwidth digital yaitu jenis bandwidth dengan kapasitas yang menentukan jumlah data digital yang bisa di transmisikan. Baik melalui saluran yang menggunakan kabel atau nirkabel. Dalam waktu tertentu yang terhitung dalam bit. Jenis bandwidth ini banyak penyedia jasa internet atau ISP di Indonesia yang menggunakannya.

Fungsi Bandwidth

Secara umum, fungsi bandwidth adalah menghitung besarnya kemampuan dalam transmisi data oleh pengguna. Selain itu, fungsi bandwidth yaitu:

  • Sebagai media transfer data.
  • Sebagai pembatas kecepatan transfer data.
  • Sebagai pembatas volume data.

Ukuran bandwidth

Bandwidth awalnya diukur dalam bit per detik dan dinyatakan sebagai bps, namun jaringan saat ini biasanya memiliki bandwidth yang jauh lebih tinggi. Dengan lambing awalan metrik, seperti Mbps, (megabit per detik), Gbps (gigabit per detik), atau Tbps (terabit per detik).