oleh

Ini Isi Tabligh Akbar Yang Dilaksanakan Di Masjid Al – Ishlah Polres Lotim

perisainews.com – Bertempat di Masjid Al – Ishlah Polres Lotim berlangsung kegiatan Tabligh Akbar Virtual dalam rangka mewujudkan ukhuwah islamiyah dengan tema “Masalah Kebangsaan yang Positif” melalui Zoom Meeting di 220 Masjid yang berada diwilayah Kabupaten Lombok Timur.Kamis (15/07/21) pukul 20.25 wita.

Selain Kapolres Lotim turut hadir, Kepala KUA Selong H. M. Khairi Anwar, S.Pd.I., M.Pd.I, Tokoh NU Ustadz Fathurrahman,Tokok NW Ust Muliadi SE.S.Pd M. A. P, Tokoh NWDI Ust. Zainul Muradai, S.H.I, Tokoh MMI Ust. Abu Roni Abdurrahman,Tokoh As-Sunnah Ust. Asro’, PJU Polres Lotim, Peserta TGRM Polres Lotim yang berjumlah 40 orang.

Kegiatan diawali dengan sholat isya berjamaah selanjutnya dilaksanakan kegiatan tabligh akbar virtual dengan Masyarakat yang ada di Kabupaten Lombok Timur

Selain diselenggarakan di Masjid Al – Ishlah Polres Lotim, Masyarakat yang ada di Kabupaten Lombok Timur juga dapat turut serta menyaksikan penyampaian- penyampaian yang disampaikan dalam Acara tersebut melalui Zoom Meeting.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Lombok Timur AKBP Tunggul Sinatrio SIK,MH, menyampaiakn; Tabligh Akbar Virtual ini kami laksanakan sebagai upaya edukasi dan pencerdasan kepada masyarakat ditengah Pandemi Covid-19 yang belum usai sampai dengan saat ini.

“Inisiasi ini kami cetuskan dengan upaya agar mampu dan tetap memberi manfaat kepada masyarakat dan mengoptimalkan Pre emtif dan preventif approach. Semoga dengan ini masyarakat luas bisa tetap mendapatkan ilmu dan memiliki kesadaran lebih tentang pentingnya hubungan baik dan memelihara Kamtibmas dalam dalam bingkai kebibnekaan,” ujarnya.

Penceramah kali ini dari Kepala KUA Selong atas nama Khairi Anwar, S.Pd.I, M.Pd.I; dalam kesempatan tersebut penceramah mengatakan, Kita memahami bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian, menebarkan kasih sayang, dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Kedamaian tercipta karena kita punya komitmen, niat dan tekad, Islam merupakan mashdar dari kata aslama-yuslimu-islaaman yang artinya taat, tunduk, patuh, berserah diri kepada Allah. Sedangkan jika dilihat dari asal katanya maka Islam berasal dari kata assalmu, aslama, istaslama, saliim, dan salaam.

Lebih lanjut penceramah menyampaikan, Islam sebagai ajaran damai, ajaran yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan tidak bisa disampaikan dengan hal-hal yang bertolak belakang dengan ajaran Islam itu sendiri, yaitu cara hidup yang eksklusif misalnya, tentu itu bukan ajaran Islam,Surat Al-Baqarah ayat 143 menjelaskan pentingnya menjadi teladan umat Muhammad SAW sebagai sosok muslim yang beriman, berbuat baik, adil dan moderat dalam bertindak dan berfikir, Rasulullah menyebutkan sejumlah golongan yang termasuk sebagai orang-orang yang terbaik, muslim yang terbaik tersebut karena melakukan sejumlah amalan istimewa meski sederhana. Rasulullah bersabda yang artinya “Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain”.

Surat An Nisa ayat 59 berisi tentang perintah kepada manusia untuk taat kepada Allah, Rasul dan para pemimpin di antara manusia. Sehingga para pemimpin sebenarnya adalah penerus perjuangan para rasul utusan Allah sekaligus menjadi khalifah di muka bumi.

Shalawat Nabi mempunyai banyak manfaat bila dibaca oleh seorang muslim. Karena itu merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dibaca kapan saja. Dalam kitab suci Alquran disebutkan bahwa shalawat Nabi adalah bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Umat Muslim wajib mencintai dan mempertahankan keutuhan NKRI yang memiliki keanekaragaman budaya, agama, bahasa dan adat sehingga terbangun persatuan dan kesatuan yang kuat. Umat muslim siap melawan gerakan kelompok-kelompok yang menentang atau memecahbelah NKRI.

 

Kapolres Lotim melalui Kasi Humas Iptu Lalu Jaharudin mengatakan Semoga apa yang telah kita lakukan bersama dapat memberikan dampak Positif sehingga Kabupaten Lombok Timur ini tetap Kondusif.pungkasnya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed